Home Politik Danang Wicaksana Sulistya Diusung 4 Parpol untuk Pilkada Sleman 2020

Danang Wicaksana Sulistya Diusung 4 Parpol untuk Pilkada Sleman 2020

817
0
Danang Wicaksana Sulistya (kiri) saat berkomunikasi dengan warga. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM – Empat partai politik di Sleman, yakni Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar memutuskan untuk mengusung Danang Wicaksana Sulistya (DWS) sebagai Calon Bupati Sleman dalam Pilkada 2020.

Total kekuatan dari keempat parpol ini adalah 20 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sleman dengan rincian Gerindra 6 kursi, Golkar 5 kursi, PKB 6 kursi dan PPP 3 kursi. “Malam ini, empat partai sudah terkunci, sepakat dengan legalitas tandatangan dan cap basah,” kata Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Gerindra Sleman Sukpatana, Kamis (6/8/2020).

Kini, keempat partai tersebut tengah mengusulkan calon pendamping DWS. Keempat parpol ini akan melakukan musyawarah untuk memutuskan satu nama yang akan menjadi pendamping DWS. Dan dalam memutuskan nama pendamping DWS tak akan dilakukan voting, melainkan musyawarah.

Danang Wicaksana Sulistya (Foto: Istimewa)

Sosok Agus Kholik menjadi salah satu nama yang diusulkan PKB untuk mendampingi DWS. Meski telah mengusulkan nama, PKB menyampaikan akan tetap mendampingi DWS meski Agus Kholik tak terpilih. PKB telah menjalin komunikasi dengan seluruh organ di bawah partai dan Nahdlatul Ulama (NU) serta Badan Otonomnya di seluruh ranting kecamatan. Bahkan, dia menyebut Tim Sebelas yang terdiri dari 4 tokoh partai dan 7 tokoh NU Kabupaten Sleman sudah membuat nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Ansor, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU terkait arah dukungan dalam pilkada kali ini.

Senada, Dispilkada DPW PPP DI Yogyakarta Yusron menyatakan, partainya telah menjalin komunikasi intens dengan basis massa di akar rumput. “PPP boleh dibilang partai kelaskaran, jadi kami sudah berkomunikasi dengan lebih dari 50 laskar dan mendapatkan keputusan untuk bergabung mengusung DWS,” katanya.

Keempat parpol ini masih membuka diri jika masih ada parpol lain yang akan bergabung untuk berkoalisi. Terkait deklarasi, Sukaptana memastikan akan dilakukan dalam waktu dekat setelah seluruh proses seleksi calon wakil terlaksana.

“Kita sudah komitmen bersama 4 partai ini, tapi masih membuka diri jika ada partai lain yang akan bergabung,” kata Sukaptana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here