Home Pendidikan Beasiswa Program Indonesia Pintar Melalui Jalur Aspirasi MY Esti Wijayati Cair

Beasiswa Program Indonesia Pintar Melalui Jalur Aspirasi MY Esti Wijayati Cair

324
0
Sejumlah orangtua siswa penerima beasiswa PIP melalui jalur aspirasi Anggota Komisi X DPR RI MY Esti Wjayati foto bersama usai sosialisasi pencairan dana PIP, 5 September 2020. Foto : Istimewa

BERNASANEWS.COM – Dana beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2020 melalui jalur aspirasi Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDI Perjuangan MY Esti Wijayati sudah dicairkan melalui rekening bank masing-masing penerima. Untuk tahun 2020 ini, jumlah penerima beasiswa PIP melalui jalur aspirasi MY Esti Wijayat sebanyak 43.000 orang dari 45.000 orang yang diajukan. Dan sejak program beasiswa PIP tersebut diluncurkan tahun 2014 hingga kini, sudah ada 120.000 siswa yang menerima beasiswa PIP melalui jalur aspirasi MY Esti Wijayati.

“Tahun ini pencairan dana beasiswa PIP lebih awal atau dimajukan karena banyak kebutuhan siswa di masa pandemi Covid-19, seperti membeli HP, laptop atau kuota internet untuk keperluan pembelajaran jarak-jauh/PJJ atau secara daring/online. Pencairan paling lambat Desember 2020 dan lewat dari bulan Desember maka dana beasiswa yang tidak diambil dikembalikan kepada negara,” kata MY Esti Wijayati, Anggota Komisi X DPR RI Dapil DIY, dalam saran pers, Kamis (24/9/2020).

Sejumlah orangtua siswa penerima beasiswa PIP melalui jalur aspirasi Anggota Komisi X DPR RI MY Esti Wjayati mengikuti acara sosialisasi pencairan dana PIP, 5 September 2020. Foto : Istimewa

Menurut Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini, Program Indonesia Pintar menjadi salah satu program unggulan dari pemerintahan Presiden Jokowi sejak tahun 2014, yang berarti sudah berjalan enam tahun. Dan selama itu pula, MY Esti Wijayat berhasil memerjuangkan beasiswa Program Indonesia Pintar bagi siswa-siswi tingkat SD-SMP-SMA/K.

“Di sini saya selalu menemui masyarakat langsung ke lokasi dimana mereka tinggal maupun saya undang di sebuah tempat. Interaksi inilah yang saya lakukan untuk mendengar, menyerap dan berdialog langsung dengan masyarakat terkait masalah-masalah pendidikan yang dialami oleh seluruh siswa dari berbagai jenjang tingkat pendidikan,” kata MY Esti Wijayati.

Menurut MY Esti Wijayati, setiap gerak langkahnya dedikasikan untuk menyerap dan memerjuangkan aspirasi rakyat seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi DIY. “Sebagai anggota DPR RI yang duduk di Komisi X, komisi yang membidangi masalah-masalah pendidikan, saya sudah enam tahun menyerap dan memerjuangkan aspirasi terkait bidang pendidikan,” kata MY Esti Wijayati.

Dikatakan, pada saat sosialiasi program dan serap aspirasi dari masyarakat tentu memerlukan pendanaan untuk mengorganisirnya. Dan selama ini pendanaan kegiatan yang dilakukan berasal dari gotong-royong bersama kader-kader PDI Perjuangan lainnya.

Sejumlah orangtua siswa penerima beasiswa PIP melalui jalur aspirasi Anggota Komisi X DPR RI MY Esti Wjayati foto bersama pada acara sosialisasi pencairan dana PIP, 5 September 2020. Foto : Istimewa

“Sehingga bila ada anggapan saya menggunakan fasilitas negara, dengan ini saya pastikan tidak ada sama sekali penyalahgunaan anggaran, karena pendanaan kegiatan sosialisasi beasiswa Program Indonesia Pintar berasal dari hasil gotong-royong saya bersama kader-kader PDI Perjuangan lainnya,” tegas MY Esti Wijayati meluruskan berita yang muncul ke publik berkenaan dengan kegiatan sosialisasi Program Indonesia Pintar.

Menurut MY Esti Wijayati, hal intu ia lakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat untuk memudahkan dalam tata cara pencairan beasiswa PIP. Terlebih saat ini sedang dalam masa pandemi Covid-19, yang memerlukan koordinasi yang intensif dengan masyarakat langsung. Kegiatan sosialisasi ini pun dilakukan dengan protokol kesehatan cegah Covid-19 yang sangat ketat.

“Sebelum peserta memasuki arena kegiatan harus cuci tangan pakai sabun selama 20 detik, tidak dapat mengikuti sosialisasi jika tidak memakai masker dan jarak kursi antarpeserta sejauh 1,5 meter,” kata MY Esti Wijayati.

MY Esti pun mengucapkan terima atas surat dari Badan Pengawas Pemilu Provinsi DIY perihal Himbauan Pencegahan Pelanggaran Pemilihan bernomor P.220/YO/K/HK.01.01 pada 18 September 2020. ” Sebagai wakil rakyat, saya mengerti dan memahami hukum maupun undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia dan senantiasa menaatinya dalam setiap gerak dan langkah saya pada saat menemui rakyat,” kata MY Esti Wijayati. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here