Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiDana Darurat Adalah? Ini Manfaat dan Tips Menyiapkannya

Dana Darurat Adalah? Ini Manfaat dan Tips Menyiapkannya

bernasnews.com – Dana darurat adalah hal yang mengacu pada uang atau aset simpanan yang dapat digunakan orang pada saat kesulitan keuangan. Tentu saja keberadaan dana darurat menjadi hal yang penting untuk meningkatkan keamanan finanaial seseorang terlebih jika mereka menghadapi situasi pengeluaran tak terduga.

Dilansir dari Investopedia, dana darurat ini bisa digunakan saat seseorang sedang dalam masa kesulitan keuangan seperti kehilangan pekerjaan, sakit atau saat situasi sedang terjepit bahkan juga ketika sedang krisis besar.

Berapa Jumlah Uang yang Harus Dimiliki dalam Dana Darurat?

Besaran dana darurat ini sangat bervariasi tergantung bagaimana kondisi Anda serta seberapa sanggup Anda membuat penyipanan. Umumnya junlah tersebut bisa mencakup 4 hingga 6 atau bahkan lebih dari pengeluaran bulanan Anda.

Akan tetapi ukuran ini juga bisa berubah tergantung dari sejumlah faktor seperti situasi keuangan, pengeluaran, gaya hidup, dan hutang dan lain sebagainya. Tentu saja disarankan dana darurat cukup menutup kebutuhan hiduo Anda selama beberapa bulan yang juga sudah dihitung dengan pengeluaran tagihan lainnya.

Cara Mempersiapkan Dana Darurat

Sebagaimana dinamakan dana darurat, dana ini tentu saja harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Atau jika Anda belum memulainya maka bisa melakukannya saat ini. Berikut adalah dua cara sederhana untuk mulai menabung.

1. Sisihkan Sejumlah Uang dari Gaji Setiap Bulan
Pertama tentu tetapkan dulu berapa jumlah dana yang ingin Anda simpan sebagai dana darurat. Jumlah itu tadi bisa dibagi sesuai dengan jumlah gaji yang didapat.

Alihkan langsung sejumlah uang tersebut dengan cara transfer atau simpan di tempat yang aman. Uang tersebut tidak boleh digunakan dengan alasan di luar keadaan darurat.

2. Buat Sejumlah Pembagian Kegunaan Agar Lebih Mudah
Jika ingin lebih mudah, Anda juga bisa mengkategorikan sejumlah uang tadi berdasarkan kegunaannya. Bagi berdasarkan fungsi dasar misalnya dana darurat saat sakit, perbaikan kendaraan, dan lain sebagainya.

Pastikan ketika menggunakan uang tersebut, Anda menggunakan sesuai dengan peruntukannya. Selain itu simpan dengan aman. Itulah pengertian dari dana darurat dan bagaimana tips mempersiapkannya. Selamat mencoba. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments