Home News Dalang ‘Setan’ Ki Manteb Sudharsono Wafat

Dalang ‘Setan’ Ki Manteb Sudharsono Wafat

191
0
Ki Manteb Sudharsono yang mendapat julukan sebagai 'Dalang Setan'. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Dunia seni pakeliran berduka, budayawan dan seniman dalang senior Ki Manteb Sudharsono dikabarkan meninggal hari ini Jumat (2/7/2021), Pukul 09:45 WIB, di rumah tinggalnya kawasan  Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Berita duka tersebut beredar luas di media sosial, Ki Manteb Sudharsono yang juga pernah menjadi bintang iklan obat yang dikenal dengan ungkapan ‘oye’ dari plesetan kata oke, diketahui meninggal dalam usia 72 tahun. Ki Manteb Sudharsono lahir di Palur, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, pada tanggal 31 Agustus 1948.

Debutnya di dunia pakeliran atau pewayangan termasuk sebagai tokoh pembaharuan, dikenal sebagai ‘Dalang Setan’ lantaran kepiawaian dalam memainkan wayang saat adegan berperang atau dalam seni pedalangan disebut dengan istilah sabetan.

Juga dalam pementasan Ki Manteb selalu menambahkan soratan lampu warna warni untuk menambah dramatiknya adegan, serta dalam iringan gamelan pun ditambahkan suara-suara yang mendukung adegan dalam pakeliran. Sehingga menjadi tren kekinian bagi para dalang muda, termasuk (Alm) Ki Seno Nugoro dalang dari Yogyakarta. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here