Home News Dalang Kondang dan Fenomenal Ki Seno Nugroho Meninggal

Dalang Kondang dan Fenomenal Ki Seno Nugroho Meninggal

2067
0
Ki Seno Nugroho, lahir di Yogyakarta, tanggal 23 Agustus 1972. (Foto: Repro Youtube)

BERNASNEWS.COM — Jagad pakeliran pedalangan Yogyakarta kehilangan tokoh dalang muda Ki Seno Nugroho. Tengah malam Selasa (3/11/2020), beberapa dinding facebook (FB) dipenuhi dengan tulisan status oleh ucapan bela sungkawa atas wafatnya dalang muda yang fenomenal dan multi talenta itu.

Salah satunya dinding FB Imam Priyono, Anggota DPRD DIY dari Fraksi PDI P ini menulis status,”Nderek belo Sungkowo mugi2 Husnul khatimah # Dalang Ki Seno # Seniman & Budayawan”. Ucapan duka serupa juga betebaran di dinding grup PWKS (Penggemar Wayang ki Seno Nugroho) yang beranggotakan ribuan penggemar kesenian wayang, khususnya dalang Ki Seno Nugroho.

Ki Seno Nugroho lahir di Yogyakarta, 48 tahun silam tepatnya pada tanggal 23 Agustus 1972. Namanya dikenal secara luas sebagai dalang melalui pergelaran wayang kulit yang memadukan antara gagrak (gaya) Surakarta dan gagrak Yogyakarta. Kekhasan lainnya yang membuat terkenal adalah saat menampilkan punakawan ataupun limbukan pada adegan goro-goro (pertengahan cerita), yaitu berupa adegan humor atau guyonan segar yang terkadang berisi kritikan.

Seno belajar mendalang sejak umur 10 tahun. Seringkali ia ikut ayahnya Ki Suparman dalang kondang pada jamannya saat mendalang. Seno kecil sangat kagum terhadap Ki Mantheb Sudharsono meskipun saat itu belum tersentuh teori-teori pedalangan. Sekolah Menengah Kesenian, Yogyakarta selanjutnya membentuknya menjadi dalang. Ia mendalang untuk pertama kali, dikampungnya, pada usia 15 tahun.

Almarhum Seno Nugroho dan istrinya Agnes Widasmoro dikarunia 3 putra, Anglir Kinanti, Gading Pawukir dan Djenar Nyimasayu. Menurut rencana jenazah akan dimakamkan Rabu (4/11/2020), pukul 13:00 WIB, di Makam Semaki Gede, Yogyakarta. Ki Seno Nugroho menurut kabar meninggal akibat serangan jantung dan sempat dibawa di RSU PKU Gamping, Yogyakarta. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here