Home News Covid-19 dari Pandemi ke Endemi, Tetap Pakai Masker dan Ikuti Vaksinasi

Covid-19 dari Pandemi ke Endemi, Tetap Pakai Masker dan Ikuti Vaksinasi

54
0
Ilustrasi Virus Corona. Foto : Dok

BERNASNEWS.COM – Virus corona atau Covid-19 akan tetap ada dan tidak akan segera hilang. Covid-19 hanya akan berkurang seiring dengan semakin disiplinnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan terus gencarnya pelaksanaan vaksinasi.

Karena itu, meski Covid-19 akan berubah dari pandemi menjadi endemi, namun masyarakat harus tetap patuh dan taat dalam menjalankan protokol kesehatan dan ikuti vaksinasi. Sebab sudah terbukti kedua hal itu menjadi kunci dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bila Covid-19 menjadi endemi maka akan dianggap dan ditangani seperti penyakit malaria dan demam berdarah yang selalu ada di daerah tertentu dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah. Sementara pandemi merupakan wabah penyakit yang terjadi serempak dimana-mana, meliputi daerah geografis yang luas (seluruh negara/benua).

Dengan kata lain, pandemi merupakan penyakit yang menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia, seperti HIV/AIDS dan Covid-19. Influenza juga dulu pernah menjadi penyakit kategori pandemi karena menyebar seluruh dunia,namun sekarang menjadi endemi karena hanya terjadi di daerah tertentu dan pada waktu tertentu.

Menurut informasi yang dikutip Bernasnews.com dari laman covid19.go.id, Senin 13 September 2021, meski Covid-19 berubah dari pandemi menjadi endemi, masyarakat tidak boleh euforia berlebihan sampai mengabaikan protokol kesehatan. Masyarakat harus tetap pakai masker dalam berbagai kegiatan dan interaksi dan lakukan vaksinasi sesegera mungkin. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here