Home News Cegah Penyebaran Covid-19, Kampung Suryoputran Konsisten Giat Semprotan Disinfektan

Cegah Penyebaran Covid-19, Kampung Suryoputran Konsisten Giat Semprotan Disinfektan

379
0
Kampung Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta hingga kini masih konsisten giat semprotan disinfektan untuk pencegahan wabah Covid-19, seminggu dua kali. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19, sejak dari awal terjadinya pandemi bulan Maret 2020 hingga kini, Kampung Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta masih tetap konsisten laksanakan giat penyemprotan disinfektan dua kali dalam seminggu.

Ketua Kampung Suryoputran H. Bandrio Utomo, SE saat memberikan pengarahan kepada para Relawan Covid-19 RW 08 Suryoputran, Sabtu (12/12/2020), di Posko Darurat Corona RW 08 Suryoputran, nDalem Probodikaran, Jalan Pesindenan, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Hal itu disampaikan Ketua Kampung (RK) Suryoputran H Bandrio Utomo, SE saat menyerahkan bantuan tahap kedua dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta kepada Ketua RW 08 Seno Pratomo, Sabtu (12/12/2020), di Posko Darurat Corona RW 08 Suryoputran, nDalem Probodikaran, Jalan Pesindenan, Yogyakarta.

“Bantuan berupa dana ini dari BPBD Kota Yogyakarta diserahkan kepada setiap kampung untuk mendukung kegiatan Gugus Tugas Covid-19 di setiap RW. Bantuan dana yang kali keduanya, selain itu juga bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa faceshield, sabun cuci dan masker. Khusus bantuan 1 alat sprayer sebagai invetaris kampung,” terang Bandrio.

Relawan Satgas Covid-19 RW 08 Suryoputran sedang melaksanakan giat semprotan, Sabtu (12/12/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Menurut Bandrio, bantuan dalam bentuk dana itu baru periode ini atau kali pertamanya dari BPBD Kota Yogyakarta, dengan penyerahan dilakukan dua tahap. “Dana tersebut selain untuk kepentingan kampung (RK) juga langsung kami bagikan kepada RW 08, RW 09 dan RW 10 Suryoputran. Masing-masing RW dapat bantuan total Rp 800.000,” ungkapnya.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan kinerja Gugus Tugas Covid-19 yang ada di setiap RW bisa lebih meningkat, lajut Bandrio, dimana akhir-akhir ini kasus warga terpapar Covid-19 di wilayah Kelurahan Panembahan maupun Kecamatan Kraton, Yogyakarta terus meningkat yang harus diwaspadai bersama.

Ketua RW 08 Suryoputran Seno Pratomo (kanan) secara simbolis menerima bantuan tempat cuci tangan dari BPBD Kota Yogyakarta yang diserahkan oleh Ketua Kampung Suryoputran H. Bandrio Utomo, SE (kanan nomer 3) dengan disaksikan Ketua Kesi Paseban Putu Agung (kiri), Staf Kelurahan Panembahan M Joko Saputra dan Ustad Saminan Puja, SAg. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Komitmen awal yang telah dibuat sebagai surat kesepakatan bersama seluruh warga Kampung Suryoputran dalam penanggulangan pandemi Covid-19 tetap berlaku. Oleh karena itu melalui perangkat RT dan RW agar warga tetap diimbau melaksanakan protokol kesehatan hingga dengan ketat,” tegas Bandrio.

Dalam kesempatan yang sama, M Joko Saputra selaku Staf Kelurahan Panembahan menyaksikan penyerahan secara simbolis oleh Ketua Kampung Suryoputran kepada RW 08, berupa bantuan tempat cuci tangan (wastafel) dari BPBD Kota Yogyakarta yang didistribusikan melalui kelurahan untuk RW se Kelurahan Panembahan.

Penyerahan secara simbolis bantuan tempat cuci tangan (wastafe0 dari BPBD Kota Yogyakarta kepada Plt. Lurah Panembahan Agus Budi Hartono, SKom, MEng beberapa waktu lalu, di Pendapa Mandira Loka, Kelurahan Panembahan, Keamatan Kraton, Yogyakarta. (Foto: Kiriman M Joko Saputra)

Bantuan tersebut di tingkat kelurahan, secara simbolis diserahkan oleh BPBD Kota Yogyakarta kepada Plt. Lurah Panembahan Agus Budi Hartono, SKom, MEng beberapa waktu lalu, di Pendapa Mandira Loka, Kantor Kelurahan Panembahan. “Anggaran dari APBD Kota Yogyakarta khusus penanganan Covid-19,” imbuh Joko Saputra. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here