Home Pendidikan Cegah Penularan COVID-19, PVTO FKIP UPY Produksi Sabun Praktis untuk Cuci Tangan

Cegah Penularan COVID-19, PVTO FKIP UPY Produksi Sabun Praktis untuk Cuci Tangan

958
0
Sabun Praktis untuk Cuci Tangan buatan PVTO FKIP UPY guna pencegahan penularan COVID-19. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO) FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) memproduksi sabun praktis cuci tangan. Produksi sabun praktis cuci tangan tersebut sebagai upaya pencegahan persebaran COVID-19 yang semakin besar akhir-akhir ini.

“Penggunaan sabun cuci tangan biasa dirasa kurang praktis dibawa berpergian. Hal inilah yang menjadi alasan produksi sabun praktis cuci tangan tersebut,” terang Yulia Venti Yoanita selaku dosen PVTO UPY kepada Bernasnews.com, Senin (11/5/2020).

Tampilan Sabun Praktis untuk Cuci Tangan buatan Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO) FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (UPY). Foto: Istimewa.

Lanjut Yulia Venti Yoanita menambahkan, jalur penularan utama virus corona adalah melalui droplet (percikan) dan udara. Virus tersebut akan masuk ke tubuh orang lain saat orang lain menyentuh permukaan dimana droplet dan udara tersebut menempel. Kemudian, saat mereka mengusap wajah dengan tangan dan bernafas maka mereka akan terpapar COVID-19.

“Menurut anjuran BNPB salah satu cara pencegahan penularan penyakit akibat COVID-19 yang terbaik adalah dengan mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan membilasnya dengan air yang mengalir,” ujar dosen PVTO UPY yang akrab disapa Venti.

Cukup ambil selembar setiap akan mencuci tangan. (Foto: Istimewa)

Sabun praktis cuci tangan yang diproduksi PVTO ini berfungsi untuk mencuci tangan atau membersihkan tangan dari virus yang menempel di tangan. Menurut Venti, keistimewaan sabun ini adalah praktis dan efektif dibawa kemana saja dengan menaruhnya di tas, dompet maupun saku sehingga memudahkan orang untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh permukaan apapun.

“Jika akan menggunakan sabun ini tinggal mengeluarkan satu lembar sabun dari packingnya kemudian bilas dengan air yang mengalir,” pungkasnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here