Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsCegah Kejahatan Jalanan, Pemkab Sleman Batasi Waktu Anak Keluar Rumah

Cegah Kejahatan Jalanan, Pemkab Sleman Batasi Waktu Anak Keluar Rumah

BERNASNEWS.COM – Untuk mencegah anak berada di luar rumah tanpa tujuan yang jelas dan tanpa pendampingan dari orangtua sekaligus mengurangi kejahatan jalanan yang melibatkan remaja, Pemkab Sleman mengatur batas waktu bagi anak untuk tidak keluar rumah pada jam tertentu. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Sleman Nomor 45 Tahun 2020 tentang Jam Rumah/ Jam Istirahat Anak.

Menurut Pemkab Sleman, peraturan ini merupakan bentuk integrasi komitmen dari sumber daya bersama antara pemerintah daerah, orangua, keluargadan masyarakat.

Dalam peraturan tersebut, jam rumah atau jam istirahat anak usia di bawah 18 tahun di Sleman adalah pukul 22.00 malam sampai pukul 04.00 dinihari setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Dikutip Bernasnews.com dari akun twitter resmi Pemkab Sleman disebutkan bahwa Perbup ini telah disosialisasikan pada 17 Januari 2022 yang diinisiasi oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Dinas P3AP2KB dengan menghadirkan beberapa perangkat daerah seperti perwakilan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Kemenag, Dinas Sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika, Kodim, serta sejumlah organisasi remaja di Kabupaten Sleman.

“Kebijakan ini diharapkan mampu memaksimalkan pengawasan orangtua terhadap anak sekaligus mengoptimalkan jam belajar anak pada malam hari,” kata Pemkab Sleman.

Peraturan ini, menurut Pemkab Sleman, tidak hanya bertujuan untuk mencegah anak berada di luar rumah tanpa tujuan yang jelas serta tanpa pendampingan dari orangtua, tapi juga sebagai usaha mengurangi kejahatan jalanan yang melibatkan remaja.

Selain itu, peraturan ini juga sebagai salah satu upaya perlindungan terhadap anak, agar dapat tumbuh, berkembang serta berpartisipasi secara optimal di lingkungan sosial.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments