Home News Catat, Ini Langkah-langkah untuk Mengecek Tiket Vaksinasi Booster

Catat, Ini Langkah-langkah untuk Mengecek Tiket Vaksinasi Booster

46
0
Flyer langkah-langkah vaksinasi booster. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Minat masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau vaksinasi booster sangat tinggi. Ini terbukti setiap ada kesempatan vaksinasi booster selalu dipenuhi masyarakat. Bahkan mereka yang belum mendaftar pun tetap datang sehingga menimbulkan antrian panjang.

Karena itu, untuk menjawab pertanyaan masyarakat dimana dapat mengecek dan mendapatkan tiket vaksinasi, maka Kominfo DIY dalam akun twitternya menjelaskan cara dan langkah-langkah untuk mengecek/mendaftar vaksinasi booster.

Seperti dikutip Bernasnews.com dari akun twitter Dinas Kominfo DIY yang diunggah pada Sabtu 15 Januari 2022, disebutkan lankah-langkah mengecek vaksinasi booster di website pedulilindungi.go.id, yakni pertama, kunjungi website pedulilindingi.go.id. Dan kedua, masukkan “nama lengkap” dan “NIK” lallu klik “periksa”. Akan muncul status dan tiket Vaksinasi Booster.

Sementara langkah-langkah mengecek vaksinasi booster di apilikasi PeduliLindungi adalah buka aplikasi PeduliLindungi lalu daftar/login 2. masukkan dengan akun yang terdaftar, kemudian cek pada bagian Profil pada ikon sebagai berikut: pilih status “Vaksinasi dan Hasil Tes Covid-19”. Jika sudah terdaftar akan muncul “Satus dan Jadwal Vaksinasi Booster”, lalu cek tiket vaksin masuk ke menu: “Riwayat dan Tiket Vaksin”.

Menurut Dinas Kominfo DIY, tidak perlu khawatir untuk mendapatkan vaksinasi booster. “Tidak perlu khawatir, Sedulur dapat memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi baik melalui gawai atau website di http://pedulilindungi.id untuk memeriksa tiket Vaksinasi Booster. Selengkapnya Sedulur dapat melihat tutorial singkat melalui infografis di atas,” cuit Dinas Kominfo DIY.

“Sumonggo tetap #ElingLanWaspada dalam menerima informasi dan tetap menjalankan semua protokol kesehatan dimanapun Sedulur berada. Jogja Bisa, Jogja Tidak Menyera,” tambah Dinas Kominfo DIY.

Sementara Dinas Kominfo Bantul mengatakan bahwa vaksinasi booster diberikan secara gratis. “Hallo sedulur Bantul, VAKSINASI DOSIS LANJUTAN (BOOSTER) Vaksinasi booster akan diberikan secara gratis bagi masyarakat umum berusia di atas 18 tahun, dengan prioritas sasaran lansia dan penderita komorbid (yang telah memenuhi syarat mendapatkan vaksin dosis 3),” cuit Kominfo Bantul di akun twitter resminya.

Sebelumnya, Dinas Kominfo DIY mengungkapkan bahwa terjadi antrian panjang vaksinasi booster di gedung Jogja Expo Center (JEC) beberapa waktu lalu akibat adanya sebuah informasi yang melenceng atau misinformasi. Dalam undangan yang beredar di grup-grup whatsapp ada ajakan untuk mendaftarkan atau mengikuti vaksinasi di Gedung JEC.

“Bukan dibuka untuk umum, karena sifatnya baru sebagai kickoff, nanti akan dilanjutkan sesuai wilayah domisili, oleh kabupaten/kota masing masing seperti yang sudah dilaksanakan pada saat sebelumnya. Tentu harus terdaftar dulu,” kata Dinas Kominfo DIY. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here