Home Pendidikan Career Outlook UAJY, Melihat Prospek Karir Alumni

Career Outlook UAJY, Melihat Prospek Karir Alumni

406
0
Alumnus Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY, Ilham Hasura Maulana, SE, M Ec Dev (Angkatan 2011). Foto: Dok. Pribadi.

BERNASNEWS.COM — Sepanjang bulan Juli 2020, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang juga dikenal dengan sebutan Atma Jogja, menyelenggarakan acara career outlook, Jumat (17/7/2020). Pupung Arifin,  S Si, M Si selaku Wakil Rektor 3 UAJY menjelaskan, bahwa tujuan dari penyelenggaraan itu, adalah melihat prospek karir dari alumni dari seluruh Program Studi (Prodi)  Sarjana di UAJY.

Dalam acara career outlook masing-masing prodi menampilkan salah satu alumnus yang telah berkarir dan menjalan profesinya. “Tentu acara career outlook salah satu upaya promosi prodi yang dimiliki UAJY,” ungkap Pupung.

Salah satu Alumnus Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY yang diundang yaitu, Ilham Hasura Maulana, SE, M Ec Dev (Angkatan 2011) yang sekarang bekerja sebagai Analis Perekonomian di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian RI. Dalam acara tersebut juga diisi dengan diskusi dengan topik “Percepatan Pembangunan untuk Pemulihan Ekonomi Terdampak Pandemi Covid-19”. Bertindak sebagai moderator Dr. Y. Sri Susilo, M Si, Kaprodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY.

KaProdi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY, Dr. Y. Sri Susilo, M Si. (Dok. Bernasnews.com)

Ilham Hasura Maulana menjelaskan, bahwa dalam periode tahun 2020-2024 pemerintah mempunyai rencana membangun 200 proyek yang tercakup 9 program. Menurutnya,  200 proyek tersebut merupakan infrastruktur publik. Seperti misalnya, bendungan, jalan tol, jalan umum, pelabuhan, bandara dan sebagainya. Lokasi 200 proyek tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

Tujuan pembangunan proyek-proyek yang dimaksud adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui proses efek pengganda. Misalnya, penyerapan tenaga kerja serta adanya keterkaitan dengan sektoral atau industri yang terkait dengan pembangunan proyek tersebut. “Setelah pembangunan proyek-proyek tersebut selesai, diharapkan mobilitas kegiatan ekonomi semakin lancar dan pemerataan pembangunan ekonomi juga dapat dicapai secara bertahap,” ujar Ilham.

Sebagai alumnus Prodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY juga menjelaskan pengalamannya pada saat menjadi mahasiswa. Dari bangku kuliah, Ilham mengaku mendapat bekal pengetahuan yang cukup memadai untuk masuk dunia kerja, khususnya sebagai Analisis Perekonomian di Kementerian Koordinator Perekonomian RI. Juga megaku mendapat pengalaman berorganisasi melalui kegiatan ekstrakurikuler di FBE UAJY.

Sementara Y. Sri Susilo menambahkan, alumni Prodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY yang berdiri sejak tahun 1994 telah bekerja di berbagai bidang profesi dan tersebar di seluruh Indonesia. Menurut Susilo, sebagian besar mereka bekerja sebagai Analisis dan Perencana Pembangunan  Ekonomi (Bappeda, Pemda, dan Kementerian), Analis Kredit (Perbankan), Perusahaan BUMN/ Swasta, Dosen/ Peneliti di PTN/ PTS dan Wirausaha.

“Selaku Kaprodi Ekonomi Pembangunan, saya berharap acara career outlook ini dislenggarkan secara rutin dan berkesinambungan,” tutup Y. Sri Susilo dalam rilisnya, Sabtu (18/7/2020). (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here