Home News Cara Optimal Tingkatkan Branding Lewat Kerja Sama

Cara Optimal Tingkatkan Branding Lewat Kerja Sama

1268
0
ACE Hardware Hartono Mall Yogyakarta saat gelar perlombaan. (Foto: Istimewal

BERNASNEWS.COM – Biasanya dalam sebuah gelaran acara yang melibatkan kerjasama dengan pihak tertentu, selalu ada yang dinamakan sponsorship. Sponsorship sendiri bisa berupa pemberian dukungan dana maupun bentuk promosi. Rupanya cara kerjasama ini bisa membuat optimal suatu gelaran acara maupun bisnis yang terlibat sebagai sponsor. 

Belum lama ini, salah satu retail perkakas dan gaya hidup ACE di Hartono Mall Jogja mencoba satu terobosan baru. Mereka melibatkan berbagai pihak untuk bekerja sama dalam dalam sebuah gelaran lomba Semarak Kreativitas Anak Bangsa. Dalam acara yang diadakan pada Sabtu (24/8/2019) tersebut dihadirkan lomba mewarnai, lomba menghias cup cake, dan lomba photogenik.

Lomba-lomba tadi diikuti oleh sebanyak 100 anak dengan rentang usia antara TK-SD kelas 6. 

Salah seorang peserta sedang mengikuti lomba mewarmai, Sabtu (24/8/2019). Foto: Istimewa

Ada 12 orang yang terpilih sebagai pemenang lomba dari masing-masing kategori. Lomba mewarnai kategori kelas TK – SD kelas 1 dengan urutan juara 1 sampai 3 dimenangkan oleh Ainara Lutfia Ananta, Azizan Adam Adebara dan Cleodhia Aishtara El Saafa. Masih di lomba yang sama, kategori kelas 2 sampai 6 SD diperoleh Seyshania Meidisa Nugraheni, Syifa Fadhila Nur Ramadhani, Cantika Nadia Putri. Sementara lomba menghias cup cake diraih oleh Muhammad Raflyansyah Putra, Naquensha Alfilia dan Almira Ghivari Edity Pradata. Lalu yang terakhir lomba photogenik diraih oleh Karanghira Artmaresa, Malika Qonita Nurhidayat dan Muhammad Raflynsyah Putra.

Tak hanya mengadakan lomba saja, acara ini juga dimeriahkan dengan demo memasak, pertunjukan paduan suara anak bangsa persembahan dari karyawan- karyawati ACE maupun Informa, Hip hop Jogja Istimewa dan Vocal Grup. Pihak penyelenggara mengatakan bahwa acara yang meriah ini untuk pertama kalinya melibatkan banyak pihak untuk mendukung dalam bentuk sponsorship. Rupanya hasil yang diperoleh dari mengadakan acara dengan bantuan sponsorship memiliki keuntungan salah satunya soal dampak branding. 

“Ini pertama kalinya lomba yang kami gelar dengan membuka kerjasama banyak pihak, biasanya kami lakukan sendiri tanpa sponsor, dan ternyata hasilnya lebih optimal baik untuk fasilitas yang diberikan pada pemenang dan seluruh peserta maupun dampak branding secara langsung dan tidak langsung bagi pihak yang ikut berkontribusi” kata Sekar Tyas Nareswari, Store Manager Ace Hartono Mall.

Suasana perlombaan melukis di ACE Hartono Mall Yogyakarta, Sabtu (24/8/2019). (Foto: Istimewa)

Rupanya dampak branding tadi hanya bisa dirasakan jika setiap perusahaan saling bekerjasama satu sama lain. Di satu sisi pihak penyelenggara acara akan diuntungkan melalui bantuan sponsorship. Sementara bagi pelaku sponsor dapat memperoleh branding secara luas mengenai produk atau jasa mereka melalui gelaran acara. 

“Saat ini adalah eranya kolaborasi, dengan bergandengan tangan saling memberi nilai lebih masing – masing perusahaan, bisa saling branding atau dikenal bersama” kata Sekar yang juga merupakan ketua DPD Jogja KOMISI (Komunitas Sales Indonesia). 

Salah satu manfaat nyata yang dirasakan yakni promosi, peningkatan omzet penjualan, juga peningkatan transaksi. Sebagai contoh lomba photogenik yang digelar di dalam area toko. Para peserta diperbolehkan selfie dengan dekorasi keindahan taman beserta patung hewan yang merupakan barang jualan toko. Otomatis saat mengunggah ke akun sosial media seperti instagram, bisa menarik minat dan mengundang banyak like. 

Lomba tersebut tak hanya meningkatkan minat dan bakat anak saja. Rupanya ini juga bisa menjadi sarana yang positif untuk meningkatkan strategi penjualan. Bukan hanya itu saja, lonjakan jumlah pengunjung dikarenakan masing-masing peserta yang datang membawa anggota keluarga, juga memberikan dampak baik bagi peningkatan transaksi di Ace. (Birgita/adh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here