Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeCara Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Awet

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Awet

bernasnews.com – Pahami cara menyimpan makanan di kulkas yang baik. Cara menyimpan yang baik dan tepat akan membuat makanan yang kamu simpan tetap bisa segar dan awet.

Cara menyimpan makanan di kulkas yang salah kerap dilakukan sebagian orang. Meski secara fungsi kulkas adalah tempat penyimpanan makanan agar awet namun, cara penyimpanan yang salah justru akan membuat kualitas menurun.

Dampak dari cara menyimpan makanan di kulkas yang salah selain bisa membuat makanan cepat basi, tapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tak jarang hal tersebut juga bisa mempengaruhi makanan lain yang disimpan di dalamnya.

Berikut ini aturan yang harus diperhatikan agar makanan Anda tetap segar dan tahan lama ketika disimpan di dalam kulkas.

Atur suhu kulkas
Mengatur suhu kulkas yang tepat menjadj langkah pertama yang harus dilakukan. Suhudi dalam kulkas akan mempengaruhi kualitas makanan yang disimpan.
Pastikan mengatur kulkas pada suhu 5 derajat celcius. Mengatur suhu yang sesuai akan menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan.

Manfaatkan wadah untuk menyimpan makanan tertentu
Beberapa bahan makanan terkadang membutuhkan perlakuan tertentu saat akan disimpan di dalam kulkas. Memanfaatkan wadah seperti plastik atau lainnya bisa mencegah makanan seperti sayuran tidak cepat layu.

Tutup rapat sayuran atau bahan makanan lainnya yang mudah layu atau rusak dengan wadah tertutup. Selain menjaga agar tetap segar, ini juga menjadi satu cara agar tidak terkontaminasi dengan bahan makanan lain.

Simpan sesuai jenisnya
Cara menyimpan makanan di dalam kuokas agar tetap awet lainnya ialah jangan mencampur satu jenis satu dengan lainnya. Simpan makanan siap santap seperti keju, yogurt, daging matang, serta sisa makanan di rak bagian atas dan tengah.

Lalu untuk bahan makanan berupa daging mentah, ikan harus disimpan dalam wadah kedap udara dan dioetakkan di bagian freezer. Sebagai saran, jangan simpan telur di balik pintu kulkas karena hal tersebut justru dapat membuatnya cepat busuk.

Bersihkan kulkas
Setelah melakukan cara menyimpan makanan di dalam kulkas dengan tepat, tentu saja jangan melewatkan untuk rutin membersihkannya. Sortir makanan atau bahan makanan yang kadaluarsa agar tidak mempengaruhi makanan lainnya.

Tak cuma itu, bersihkan kotoran yang ada pada kulkas seperti sisa bahan makanan yang menempel dan lain sebagainya. Karena sisa bahan seperti itulah yang justru malah akan menimbulkan bakteri dan jamur. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments