Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeKulinerCara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak dan Tidak Mudah Basi

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak dan Tidak Mudah Basi

bernasnews.com – Ketupat merupakan salah satu sajian yang menjadi ciri khas saat lebaran. Beragam menu seperti opor ayam, gulai, sate dan lainnya cocok jika dihidangkan bersama ketupat.

Bagi Anda yang masih pemula, biasanya lebih praktis jika membeli janur ketupat yang sudah dianyam. Akan tetapi Anda juga bisa menganyam janur sendiri untuk membuat bungkusan ketupat.

Bicara soal sajian ikonik lebaran ini, Anda perlu memahami cara membuat ketupat lebaran. Cara membuatnya pun terbilang mudah dan hanya perlu mempersiapkan resep simpel dan kesabaran dalam memasak.

Pilih beras yang berkualitas
Pemilihan bahan makanan yang bagus dan berkualitas akan membuat olahan masakan terasa lebih lezat. Gunakanlah beras yang berkualitas saat membuat ketupat untuk rasa yang enak.

Pilih anyaman berwarna hijau cerah
Pilihlah daun kelapa yang masih muda dan masih segar. Hal ini agar wadah ketupat tidak mudah patah dan rusak ketika direbus bersama beras.

Jangan mengisi ketupat terlalu penuh
Takaran beras yang disarankan untuk membuat ketupat adalah 2/3 dari volume anyaman ketupat. Bila menggunakan beras pera atau tidak terlalu pulen, cukup isi 1/3 bagiannya saja agar ada ruang untuk mengembang.

Pastikan ketupat terendam air
Susunlah ketupat pada panci berukuran besar. Saat memasak, pastikan bahwa ketupat benar-benar terendam air. Buka panci sesekali saat proses merebus dan tambahkan air jika teelihat sudah mau habis.

Angin-anginkan ketupat setelah matang
Supaya ketupat tahan lama, setelah matang perlu diangin-anginkan. Anda bisa mengangin-anginkan dengan cara digantung atau dihamparkan di tampah. Dengan begitu, kandungan air dalam ketupat akan menyusut dan ketupat tidak mudah berlendir.

Simpan di dalam kulkas
Jika tidak langsung habis, menyimpan ketupat dalam kulkas atau lemari pendingin bisa membuatnya lebih tahan lama. Ketika mau mengonsumsi ketupat bisa tinggal dihangatkan kembali.

Itulah cara membuat ketupat lebaran yang enak dan membuatnya tetap tahan lama. Selamat mencoba. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments