Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiCara Membuat Bisnis Plan yang Baik dan Lengkap untuk Anda yang Ingin...

Cara Membuat Bisnis Plan yang Baik dan Lengkap untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha

bernasnews.com – Simak cara membuat bisnis plan yang lengkap dengan panduan apa saja yang perlu disiapkan. Langkah ini perlu dilakukan bagi Anda yang ingin memulai usaha. 

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis, dibutuhkan rencana dan strategi bisnis apa yang ingin dijalankan. Bisnis plan itu ibarat sebuah peta yang yang membawa usaha yang dijalankan untuk pergi ke suatu tujuan.

Dengan memiliki bisnis plan, maka Anda bisa memetakan usaha sekaligus menentukan langkah apa saja yang harus ditempuh untuk menuju ke goal atau tujuan yang ingin dicapai.

Bisnis plan biasanya memuat deskripsi, tujuan bisnis, produk atau layanan yang ditawarkan, target pasar, strategi penjualan, hingga pendanaan untuk bisnis tersebut.

Fungsi untuk membuat planning tersebut tentu saja sebagai acuan saat mengambil keputusan bisnis dan menjadi panduan untuk mengkomunikasikan dengan klien, konsumen hingga investor.

Cara Membuat Bisnis Plan yang Baik

Setelah memahami fungsi dan apa saja hal mendasar yang dimuat dalam bisnis plan, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui cara membuat bisnis plan. Simak poin apa saja yang harus dimuat dan panduannya berikut ini.

  1. Melakukan Riset Pasar

Cara membuat bisnis plan yang pertama tentu saja harus dimulai dari menjalankan riset. Paparkan riset yang relevan dengan bisnis Anda. Hasil riset ini harus menjawab mayoritas masalah yang mungkin dihadapi ketika berbisnis kelak.

  1. Tentukan Visi, Misi, dan Tujuan

Bisnis juga kurang lebih sama dengan organisasi. Tentunya harus ada visi, misi, dan tujuan yang jelas. Tentukan visi, misi, serta tujuan jangka pendek dan panjang yang ingin dicapai dalam usaha yang Anda jalankan.

  1. Buat Company Profile

Setelah menentukan riset pasar dan juga tujuan, langkah selanjutnya adalah dengan membuat company profile yang membuat ringkasan singkat untuk memperkenalkan perusahaan Anda. Masukkan sejarah perusahaan tersebut berdiri, produk atau jasa apa yang disediakan, target pasar, juga kepemilikan sumber daya perusahaan.

  1. Deskripsikan Produk atau Layanan dengan Jelas 

Jika sudah memutuskan produk atau jasa apa yang ingin dijual, tuliskan deskripsi produk, manfaat, dan cara penggunaannya di dalam bisnis plan Anda. Tulis keunikan dan kemas dengan menarik produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  1. Menyusun Strategi Marketing

Cara membuat bisnis plan selanjutnya tentu saja menyusun strategi marketing dan rencana eksekusinya, meliputi konsep strategi, channel promosi, hingga anggaran biaya dibutuhkan.

  1. Mencatat Transaksi Keuangan

Tentu saja akan ada saatnya dimana usaha yang Anda jalankan akan membutuhkan investor. Disitulah perlu Anda paparkan transaksi keuangan. Dengan begitu, investor bisa memahami arus kas perusahaan Anda dan semakin yakin untuk berinvestasi.

  1. Tuliskan Rencana Pengembangan Bisnis

Jika bisnis berjalan lancar, tentu harus ada pengembangan untuk membuatnya semakin besar. Tuliskan rencana pengembangan usaha. Misalnya setelah mencapai keuntungan sesuai target, pengembangan pengembangan apa yang ingin Anda ciptakan.

Itulah langkah atau cara membuat bisnis plan yang terperinci. Cara tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selamat berbisnis. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments