Home News Butulan Pojok Beteng Kulon Ditutup 31 Juli 2019

Butulan Pojok Beteng Kulon Ditutup 31 Juli 2019

731
0
jalan gerbang butulan di Jalan Nagan Kidul (sebelah timur Pojok Benteng Kulon

BERNASNEWS.COM — Menginfokan untuk semua pemakai dan pengguna jalan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pemberitahuan, dalam rangka Revitalisasi Benteng Kraton Yogyakarta, akses jalan gerbang butulan di Jalan Nagan Kidul (sebelah timur Pojok Benteng Kulon), secara resmi ditutup pada tanggal, 31 Juli 2019. Pengumuman ini dikirim dengan mengatasnamakan Kraton Yogyakarta dan Pemda DIY.

Demikian bunyi akun twitter “jogjabudaya” milik Dinas Kebudayaan DIY yang dirilis Rabu (24/ 07/2019), sekitar Jam 13:54 WIB. Dan berdasr pemantauan Bernasnews.com, berita atau pengumuman dalam twitter tersebut juga di-retweet oleh akun GKR Hayu (putri Sultan HB X).

Perihal penutupan gerbang butulan telah direncanakan cukup lama dan koordinasi pun telah dilakukan oleh Dinas Kebudayaan DIY, Badan Cagara Budaya (BCB), Perhubungan DIY, Pemkot Yogyakarta, Kecamatan Kraton, Kecamatan Mantrijeron, Polresta, Koramil Kraton dan Polsek Kraton, Rabu (10/07/2019), di Kraton Kilen. Kemudian diadakan sosialisasi pada warga sekitar (Kelurahan Patehan dan Kecamatan Mantrijeron) oleh dinas terkait pada Rabu, 17 Juli 2019 lalu.

Seperti yang disampaikan oleh Lurah Panembahan, Purnama SE, beberapa waktu lalu, bahwa penutupan akses jalan butulan Pojok Beteng Kulon Kidul (Barat Daya), juga akan dilanjutkan dengan pengaturan atau rekayasa lalulintas kendaraan yang melintasi ruas jalan yang menghubungkan antara Plengkung Wijilan (Utara) dan Plengkung Gading (Selatan).

Sebagaimana tercatat dalam sejarah, bahwa jalan atau akses masuk ke Njeron Beteng/ dalam Benteng Kraton Yogyakarta telah diatur melalui lima plengkung, yaitu Pelngkung Nirbaya (Pelengkung Gading), Plengkung Tarunasura (Plengkung Wijilan), Plengkung Jagasura (utara Pasar Ngasem), Plengkung Madyasura (timur kraton), dan Plengkung Jagabaya (Taman Sari). Di antara lima plengkung tersebut tiga terakhir bentuknya sudah tidak menyerupai bangunan plengkung berupa lorong pada umumnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here