Home News Bupati Sleman Serahkan 181 SK Dispensasi IMB Tempat/Rumah Ibadah

Bupati Sleman Serahkan 181 SK Dispensasi IMB Tempat/Rumah Ibadah

2224
0
Bupati Sleman Sleman Drs H Sri Purnomo MSi (kiri) menyerahkan SK Dispensasi IMB tempat ibadah dan rumah ibadah di Wisma Yosoputro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Jumat (13/11/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi menyerahkan 181 Surat Keputusan (SK) Dispensasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tempat ibadah dan rumah ibadah tahap pertama. Penyerahan SK tersebut dilakukan di Wisma Yosoputro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Jumat (13/11/2020).

Acara penyerahan dihadirii langsung 181 pengurus/pengelola tempat/rumah ibadah yang mendapat SK dispensasi, Anggota DPR RI dari Dapil DIY MY Esti Wijayati, Anggota DPRD Kabupaten Sleman Bambang Sulistya, para kepala dinas, kepala bagian, camat dan para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Retno Susiati, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Sleman, mengatakan, dari 181 rumah/tempat ibadah yang sudah mendapatkan SK dispensasi IMB dengan gratis atau tanpa biaya tersebut terdiri dari 141 masjid, 35 gereja Kristen, 3 gereja Katolik serta masing-masing 1 vihara dan pura.

Bupati Sleman Sleman Drs H Sri Purnomo MSi (kiri) menyerahkan SK Dispensasi IMB tempat ibadah dan rumah ibadah di Wisma Yosoputro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Jumat (13/11/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Menurut Retno, sebanyak 115 SK lagi masih dalam proses karena ada sejumlah kendala seperti masalah status tanah, sempadan jalan dan penyelesaian administrasi. “Kami sudah melakukan koordinasi agar masalah tersebut bisa diatasi dan segera diselesaikan,” kata Retno Susiati.

Dikatakan, Pemkab Sleman mengadakan program dispensasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah ibadah dan tempat ibadah. Dalam program tersebut, syarat mengurus IMB dipermudah dan dilakukan secara gratis atau tanpa biaya.

Dan dalam rangka melaksanakan program dispensasi tersebut, sampai saat ini sebanyak 2.277 rumah ibadah dan tempat ibadah yang sudah divalidasi oleh tim. Tim tersebut terdiri dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Forum Komunikasi Umat Beriman (FKUB).

Bupati Sleman Sleman Drs H Sri Purnomo MSi (kedua dari kanan)foto bersama sebagian pemuka agama seusai menyerahkan SK Dispensasi IMB tempat ibadah dan rumah ibadah di Wisma Yosoputro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Jumat (13/11/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Menurut Retrno Susiati, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Sleman, dari sejumlah permohonan dispensasi sebanyak 2.277 rumah ibadah dan tempat ibadah yang divalidasi.

Dan untuk tahap pertama, baru 293 permohonan yang sudah diposes atau sekitar 15 persen dari total permohonan. Namun dari jumlah tersebut, baru 181 yang sudah mendapat Surat Keputusan (SK) untuk dispensasi IMB.

Sementara Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi memahami bila banyak tempa/rumah ibadah yang belum atau tidak memiliki IMB. Sebab, sebagai tempat kegiatan sosial keagamaan para pengurus/pengelola tidakn telaten dalam mengurus persyaratan yang diperlukan.

Karena itu, Bupati Sleman meminta para pengurus/pengelola tempat ibadah yang belum memiliki IMB agar memanfaatkan program dispensasi IMB tempat/rumah ibadah tersebut dengan maksimal. Bahkan untuk mengurus IMB rumah pribadi sati lantai dan dua lantai saat ini dipermudah antara lain cukup sampai tingkat kepenewon/kecamatan.

Menurut Bupati Sleman, sebelum adanya program dispensasi mungkin sudah ada 10-15 persen yang sudah mengurus IMB tempat/rumah ibadah di Kabupaten Sleman. Namun, jauh lebih besar atau sekitar 75 persen yang belum mengurus/memiliki IMB. “Saya meminta para pengurus/pengelola agar segera memanfaatkan program dispensasi IMB ini. Dan saya mengapresiasi DPMPPT yang telah membuat program dispensasi IMB bagi tempat ibadah dan rumah ibadah. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here