Home Ekonomi Bupati Sleman Kukuhkan Forum Komunikasi UMKM Kalurahan Balecatur

Bupati Sleman Kukuhkan Forum Komunikasi UMKM Kalurahan Balecatur

253
0
Acara Pengukuhan Pengurus Forum UMKM Kalurahan Balecatur, Sabtu (10/4/2021). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah penopang utama perekonomian negara. Hal itu terbukti pada krisis 1998, yang sangat dahsyat penggiat UMKM mampu menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi  yang melanda sebagian negara-negara di dunia. UMKM juga sudah terbukti mampu menyediakan 90% lapangan kerja untuk mayasarakat. Demikian disampaikan Bupati Sleman Dra Hj. Kustini Sri Purnomo dalam acara pengukuhkan pengurus Forum UMKM Kalurahan Balecatur.

Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo (tengah) diapit oleh Panewu Gamping Ikhsan Waluyo, S.sos dan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupten Sleman Dra. Endah Sri Widiastuti, M.Pa dalam acara Pengukuhkan Pengurus Forum UMKM Kalurahan Balecatur. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Acara yang dilaksanakan, Sabtu (10/4/2021), di Kantor Kalurahan Balecatur Kapanewon Gamping itu dihadiri oleh Jajaran Pemerintahan Kalurahan Balecatur, seluruh Kepala Dukuh se-Kalurahan Balecatur, Panewu Gamping Ikhsan Waluyo, S.Sos. Juga Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sleman Dra. Endah Sri Widiastuti, M.Pa.

“UMKM di Sleman harus mampu bertumbuh sebagai penyokong ekonomi masyarakat. Sehingga diharapkan, forum UMKM Kalurahan Balecatur yang baru saja dikukuhkan dapat menjadi fasilitator bagi UMKM agar dapat tumbuh lebih baik di Balecatur,” ungkap Kustini.

Aneka macam produk dari Forum UMKM Balaicatur. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman akan berusaha mensupport dengan sebaik-baiknya demi kemajuan UMKM. Sementara sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sleman Endah Sri Widiastuti menyampaikan, agar forum UMKM yang sudah terbentuk dapat membantu kerja pemerintah dalam melakukan pendataan UMKM dan transfer informasi program-program dari pemerintah kepada pelaku UMKM yang ada di Kalurahan Balecatur.

Perwakilan pengurus UMKM se-Kapanewon Balecatur, Gamping, Sleman. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

“Kedepan, forum UMKM juga diharapkan mampu mewujudkan menjadi lembaga koperasi yang dapat mensupport UMKM dari sisi permodalannya,” ungkapnya. Pemerintah Kapanewon Balecatur sendiri mengaku siap untuk mensupport kepengurusan Forum UMKM Balecatur untuk maju.

“Serta senantiasa memohon arahan dan support dari Kapanewon Gamping, Dinas Koperasi dan UMKM, Bupati Sleman, selaku pemangku kebijakan di Pemerintah Sleman untuk kemajuan UMKM Balecatur,” kata Andri Septiyanto selaku lurah kalurahan Balecatur dalam sambutannnya di acara pengukuhan ini. (ted/ nun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here