Home News Bupati Sleman Kukuhkan 9 Paskibraka HUT Ke-76 Republik Indonesia

Bupati Sleman Kukuhkan 9 Paskibraka HUT Ke-76 Republik Indonesia

80
0
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengukuhkan 9 Paskibraka Kabupaten Sleman Tahun 2021. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara peringatan kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 2021, Minggu (15/8/2021), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Kabupaten Sleman, DIY.

Pengukuhan ditandai dengan pembacaan ikrar oleh 9 anggota Paskibraka dan melakukan prosesi mencium sang saka merah putih. Kesembilan anggota Paskibraka Kabupaten Sleman Tahun 2021, yakni Andika Fahrezy Putra dari SMA N 1 Prambanan, Eka Nosa Aji Wirayuda dari SMA Angkasa Adisucipto, Febri Ibra Isnaini Susnanto dari SMA N 1 Kalasan, Satria Indra Saputra dari SMA N 1 Sleman, Fajar Oktavianto dan Arifa Rifky Anjani dari SMA N 1 Mlati, Fathika Erinsyandia. F dari SMA N 1 Ngaglik, Salsabila Shoofi Aninditha dari SMA N 1 Kalasan serta Talia Salsabila dari SMA N 1 Pakem.

Para paskibraka tahun ini adalah pertama yang bertugas di masa pandemi Covid-19, setelah tahun 2020 lalu kegiatan serupa ditiadakan akibat pandemi yang baru masuk ke Indonesia. Usai mengukuhkan para anggota paskibraka yang terdiri atas 9 orang ini, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memberikan ucapan selamat.

“Kepercayaan dan kehormatan sebagai Paskibraka Kabupaten Sleman 2021 ini harus adik-adik pertanggungjawabkan dengan melaksanakan tugas pengibaran bendera dengan sebaik-baiknya,” ucap Kustini.

Prosesi pengukuhan Paskibraka Kabupaten Sleman 2021. (Foto: Istimewa)

Dikatakan, anggota Paskibraka terpilih merupakan putra putri terbaik dari Kabupaten Sleman yang memiliki keistimewaan bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera dan penurunan bendera pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Proklamasi Republik Indonesia saja.

“Melainkan juga merupakan kader-kader yang harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Seluruh anggota Paskibraka dituntut untuk dapat menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa,” imbuh Kustini.

Sementara itu, Koordinator Pelatih Paskibraka Sleman Pelda Sihono dari Kodim 0732 Sleman menjelaskan, pelaksanaan upacara kemerdekaan RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Di masa pandemi ini  hanya terpilih 9 putra putri terbaik Sleman dari 200 peserta, yang mengikuti tahapan seleksi. Seleksi meliputi Jasmani, keterampilan baris berbaris dan pengetahuan umum,” papar Pelda Sihono.

Dikatakan, dalam menjalani pelatihan di masa pandemi para anggota terus menerapkan protokol kesehatan, salah satunya rutin satu minggu sekali. “Ini langkah antisipasi agar pelaksanaan ini tidak menimbulkan klaster baru,” tegas Pelda Sihono. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here