Home News Bupati Sleman: Alun-alun Sleman Akan Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2022

Bupati Sleman: Alun-alun Sleman Akan Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2022

107
0
Alun alun Denggung, Kabupaten Sleman saat ada gelaran pemecahan Rekor Muri sebelum terjadi pandemi Covid-19. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Pemerintah RI resmi menerbitkan aturan terbaru terkait pengetatan Libur Natal dan Tahun Baru 2022. Aturan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021. Salah satu poin yang tertera dalam Inmendagri tersebut adalah menutup semua Alun-alun, pada tanggal 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Menanggapi hal itu, Bupati Sleman Dra Hj. Kustini Sri Purnomo mengatakan, bahwa pihaknya akan mengikuti arahan dalam Inmendagri. Menurutnya, dalam menghadapi momentum yang berpotensi menimbulkan kerumunan, harus mengedepankan prinsip kehati-hatian.

“Yang kita upayakan sampai saat ini kerangka besar dan jelas dalam upaya meniadakan kerumunan. Selain dengan pembatasan orang di suatu tempat, tentu keberadaan tempat umum yang berpotensi keramaian juga harus diatur, seperti Alun-alun. Dan setiap tahun baru, Alun-alun selalu jadi magnet untuk masyarakat berkumpul,” ucap Kustini saat dikonfirmasi, Sabtu (11/12/2021).

Kustini menegaskan, pihaknya akan menutup Alun-alun sesuai dengan aturan yang ada. Langkah itu diambil agar tidak menjadi tempat berkumpulnya orang saat perayaan Tahun Baru 2022.

 “Alun-alun Sleman di Denggung, lapangan Pemda termasuk beberapa tempat yang berpotensi keramaian lainnya akan ditutup. Nanti akan diatur dalam Intruksi Bupati dan akan ada pantauan petugas gabungan untuk memastikan tidak ada kerumunan,” terang Kustini.

Penutupan tersebut nantinya hanya dilakukan satu malam saja yakni pada saat pergantian tahun. Meski begitu, tidak ada larangan bagi pedagang kaki lima di kawasan Alun-alun Sleman untuk berjualan di lokasi tersebut.

“Ditutup hanya satu malam saja. Karena hari-hari biasa tidak akan begitu ramai, kecuali saat malam tahun baru. Pedagang yang biasanya berjualan di shelter tetap boleh buka,” ujarnya.

Lanjut Kustini, pihaknya juga menghimbau agar masyarakat menahan diri untuk tidak keluar rumah pada saat perayaan tahun baru. “Kami imbau agar masyarakat tidak kemana-mana saat malam tahun baru. Rayakan malam pergantian tahun baru bersama keluarga saja,” pungkas bupati wanita pertama di Sleman. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here