Home News Bupati Manggarai Klarifikasi Surat Pj Kades Lante Terkait Pemotongan BLT

Bupati Manggarai Klarifikasi Surat Pj Kades Lante Terkait Pemotongan BLT

1611
0
Surat Pj Kepala Desa Lante, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai Raya, Provinsi NTT, Jumat (12/6/2020). Foto : istmewa

BERNASNEWS.COM – Bupati Manggarai Dr Deno Kamelus SH MH melalui Humas Pemkab Manggarai mengklarifkasi surat pemberitahuan dan undangan Pj Kades Lante Fransiskus S Deman kepada setiap KK penerima BLT,terutama terkait pemotongan Rp 100.000 tiap penerima BLT dari total Rp 1.800.000 yang diterima tiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat) selama 3 bulan (April-Juni 2020).

Bupati Manggarai Dr Deno Kamelus SH MH yang dihubungi Bernasnews.com, Minggu (14/6/2020) pagi, untuk mengonfirmasi kebenaran isi surat Pj Kepala Desa Lante, tertanggal 12 Juni 2020 tersebut, menyampaikan klarifikasi.

Disebutkan bahwa sebelum kunjungan Bupati Manggarai ke Kecamatan Reok Barat, Camat Reok Barat mendapat laporan dari masyarakat Desa Lante terkait surat undangan Pj Kades Lante kepada setiap KK penerima BLT, yang antara lain menyampaikan adanya pengumpulan uang sumbangan dengan nominal Rp 100.000 kepada setiap KK penerima BLT yang berjumlah 91 KK.

“Camat Reok Barat pun memberikan teguran keras kepada Pj Kades Lante. Hal itu diperkuat dengan larangan dari Camat Reok Barat kepada 91 KK penerima BLT sehari sebelumnya. Dengan demikian pengumpulan uang dari masyarakat penerima BLT Desa Lante tidak jadi dilaksanakan pada saat pembagian BLT. Tidak ada seorang pun masyarakat penerima BLT yang berjumlah 91 KK yang mengumpulkan uang sebagaimana yang tertera dalam surat undangan Pj Kepala Desa Lante sebesar Rp 100.000/KK. Atas insiden tersebut, Pj Kades Lante akan mendapatkan pembinaan sesuai aturan yang berlaku,” demikan disampaikan Bupati Manggarai melalui Humas Pemkab Manggarai.

Sebelumnya, sepanjang hari Sabtu (13/6/2020), viral di media sosial dan media online surat yang dikeluarkan oleh Pj Kades Lante Fransiskus Deman, tertanggal Jumat (12/6/2020) perihal pemberitahuan dan undangan kepada penerima bantuan penanggulangan Covid-19 dari sumber Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020.

Dalam surat itu antara lain berbunyi: Berhubung dalam penyalurannya akan dihadiri oleh Bapak Bupati dan rombongan dari Kabupaten (SKPD) maka kami mohon sumbangan/partisipasi dari peserta KPM mengumpulkan sumbangan Rp 100.000/KPM dalam rangka kunjungan tersebut.

Pj Kepala Desa Lante Fransiskus S Deman yang dihubungi Bernasnews.com baik melalui layanan pesan whatsapp maupun telepon langsung, Sabtu (13/6/2020), untuk mengonfrmasi kebenaran isi surat tersebut hingga Mnggu (14/6/2020) belum merespon. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here