Home Pendidikan Bunda PAUD Berbah Sleman Semangat Belajar Literasi

Bunda PAUD Berbah Sleman Semangat Belajar Literasi

172
0
Ketua PKG PAUD Berbah Sleman Bunda Laila Mayasari, Ketua Gugus PAUD 4 Berbah Bunda Sumartini, para bunda PAUD Berbah serta narasumber literasi Y.B. Margantoro dan Praba Pangripta pada acara safari literasi di Mustika Garden, Sonosari, Berbah, Sleman, Jumat (22/10/2021). Foto : Kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM Ketua Pusat Kegiatan Guru (PKG) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, DIY Bunda Laila Hera Mayasari menyambut gembira para bunda guru PAUD di Gugus 4 Berbah bersedia belajar literasi untuk pengembangan diri maupun untuk anak didik mereka.

“Sebagai pendidik, khususnya guru PAUD di Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, memang harus terus belajar dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan bagi anak didik kita. Banyak hal yang dapat kita tulis atau curhat-kan melalui tulisan, dengan bahasa yang mendayu-dayu juga boleh, yang penting berkarya tulis. Semoga dari pertemuan literasi hari ini membuahkan hasil yang bermanfaat,” kata Hera dalam sambutan pada pertemuan literasi yang diselenggarakan oleh Gugus PAUD 4 Berbah di Mustika Garden, Sonosari Berbah, Sleman, Yogyakarta, Jumat (22/10/2021).

Ketua Gugus PAUD 4 Berbah Bunda Sumartini menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan para guru PAUD peserta pertemuan literasi. Dia berharap, pertemuan ini tidak hanya menghasilkan karya tulis, namun dapat memantik semangat menulis para guru PAUD khususnya di Berbah, Sleman.

Narasumber pertemuan literasi pada kesempatan ini adalah YB Margantoro dan Praba Pangripta, keduanya dari Majalah Literasi Guru. Dalam pertemuan yang dikemas secara santai, di lingkungan yang sejuk dengan hamparan sawah dan pepohonan di sekitarnya, para bunda mendengarkan pemaparan mengapa dan bagaimana melaksanakan kegiatan literasi khususnya menulis buku.

Ketua Gugus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 4 Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman Bunda Sumartini didampingi Ketua Pusat Kegiatan Guru (PKG) PAUD Kapanewon Berbah Bunda Laila Hera Mayasari menerima buku dari Pegiat Literasi Y.B. Margantoro di Mustika Garden, Sonosari, Berbah, Sleman, Yogyakarta, Jumat (22/10/2021). Foto : Kiriman YB Margantoro

Beberapa pertanyaan muncul, antara lain dari Bunda Suci yang menanyakan bagaimana menulis yang menarik. Dari Bunda Sapta W  menanyakan bagaimana kiat atau strategi untuk mengatasi kemacetan dalam menulis. Sedangkan Bunda Iswanti Latifah bertanya bagaimana menjaga konsistensi dalam berkarya tulis. Para peserta pertemun literasi ini sepakat berusaha menghasilkan buku antologi yang berisi pengalaman mengajar di PAUD dan fiksi.    

Sama-sama penting

YB Margantoro mengemukakan, PAUD dan literasi sama-sama penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sejak dulu, kini dan mendatang, dua hal itu terus dikembangkan oleh Pemerintah dan segenap komponen untuk meningkatkan kualitas bangsa dan Negara.

 “Kita semua mengetahui bahwa anak usia dini merupakan masa emas perkembangannya. Banyak unsur yang menunjang perkembangan kualitas anak yakni dari kesehatan, gizi, pola asuh, dan sebagainya. Pendidikan anak usia dini dirancang untuk membantu menyiapkan anak mengikuti pendidikan selanjutnya. Sedangkan literasi, merupakan program pendidikan menyeluruh yang dimulai dari kemampuan dan kebiasaan membaca dan menulis. Kesadaran dan kebiasaan  membaca harus dikenalkan dan ditumbuhkan sejak dini agar anak dapat mengikuti perkembangan lebih baik. Oleh karena itu, para guru PAUD harus literat, suka membaca,” kata dia.

Praba Pangripta menambahkan, karya desain grafis dan ilustrasi dalam media pers atau buku memiliki peran penting untuk menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya siswa PAUD. Para guru harus mengajak siswa gemar  membaca. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here