Home Ekonomi BUM Desa dapat Memacu Pertumbuhan Usaha Baru di Masyarakat

BUM Desa dapat Memacu Pertumbuhan Usaha Baru di Masyarakat

82
0
Presiden Joko Widodo. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan BUM Desa Bersama dapat memacu pertumbuhan usaha baru yang dibutuhkan di masyarakat. Karena itu, BUM Desa tidak hanya menggarap hal-hal yang hanya untuk desa, tapi juga punya visi besar yakni menjangkau pasar yang lebih besar, termasuk pasar ekspor.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan swasta maupun BUMN gar dapat melibatkan BUM Desa dalam setiap kegiatan. Rakyat di desa jangan hanya jadi penonton, melihat hasil-hasil perkebunan atau hasil tambang melintas keluar dari daerahnya, namun libatkan mereka, BUM Desa dan BUM Desa Bersama dalam membangun ekonomi.

Menurut Presiden Jokowi yang dikutip Bernasnews.com dari akun twitternya @jokowi, di masa pandemi ini, ekonomi pedesaan telah menjadi salah satu penyelamat di saat perekonomian di perkotaan terganggu. Dari pengalaman ini, ia mengajak masyarakat untuk membangun dan menjadikan desa sebagai basis kegiatan ekonomi yang produktif.

Seorang warganet, Hewu Restomi pemilik akun @HewuRestomi mengatakan, kendalanya di desa adalah modal, transportasi, skill (pelatihan)dan perhatian pemerintah. Karena itu, untuk mendorong perekonomian pedesaan maka masalah tersebut harus segera diatasi.

Sementara Hadi Joyo pemilik akun @HadiJoyo8 mendukung apa yang disampaikan Presiden Jokowi. “Mantap ..lanjut terus Klo pedesaan emang penyangga perekonomian nasional,” kata Hadi Joyo. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here