Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBuku 'Guru Itu Bernama Jogja' Diharapkan Beri Inspirasi Bagi Masyarakat

Buku ‘Guru Itu Bernama Jogja’ Diharapkan Beri Inspirasi Bagi Masyarakat

bernasnews.com – Di masa kini buku masih menjadi salah satu media penyampaian pengetahuan yang terus dipertahankan. Demi menggiatkan minat baca buku, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta terus menggencarkan kegiatan literasi.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Suryatmi menyebut bahwa pihaknya berupaya menggencarkan kegiatan literasi. Menurut mereka literasi dan buku adalah sumber belajar sepanjang hayat.

“Dinas Perpustakaan Kota Yogyakarta berupaya mengembangkan dan meningkatkan budaya gemar membaca melalu berbagai kegiaatn literasi dan memfungsikan peperpustakaan sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat,” ungkapnya pada Kamis (16/6/2022).

Upaya untuk terus melestarikan literasi dilakukan melalui beragam cara. Di antaranya dari pemaksimalan fungsi perpustakaan dan menggelar kegiatan literasi yang rutin salah satunya ialah bedah buku. Kali ini, mereka menggelar bedah buku ‘Guru Itu Bernama Jogja’.

“Diskusi buku ini mengangkat tema Jogja sebagai guru kehidupan yang sesungguhnya dan diangkat dalam buku. Pemilihan tema ini karena bertepatan pula dengan momentum HUT Kota Jogja ke-75,” papar Suryatmi.

“Kami ingin memberi tambahan referensi inspirasi dan motivasi untuk mengenal dekat Kota Yogyakarta. Dan yang paling penting kita bisa menggali bersama nilai luhur kita Yogyakarta,” ungkapnya.

Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Ahmad Mufaris mengatakan bahwa seseorang perlu untuk membaca. Bahkan untuk memperoleh informasi menurut dia apapun harus membaca.

“Bacalah. Apapun itu bacalah. Memulai kebiasaan membaca memang harus dimulai dulu,” katanya.

Kita perlu menumbuhkan minat baca dengan berbagai kegiatan. Kami dari DPRD mendukung. Sosialisasi seperti ini menumbuhkan minat baca yang dihadiri kepala dinas yang arahnya ke kampung baca,” kata dia.

Peserta Diskusi Buku Guru Itu Bernama Jogja di Perpustakaan Kota Yogyakarta, Kamis (16/6/2022). Foto: Aliya/bernasnews.com

Terkait itu, Pemimpin Redaksi bernasnews sekaligus Direktur bernasnews Digital Academy YB Margantoro mengapresiasi langkah Pemkot Yogyakarta dan juga DPRD Kota Yogyakarta dalam mendukung gerakan literasi.

“Saya berterima kasih pada institusi ini pada 2015 membantu saya mengantarkan saya sampai ke perpusnas. Saya sependapat dengan pak Mufaris. Membacalah, ada ungkapan now a reader, tomorror a leader,” katanya.

Bicara soal buku ‘Guru Itu Bernama Jogja’ yang diperbincangkan dalam bedah buku di Perpustakaan Kota Yogyakarta ini, YB Margantoro menyebut bahwa buku ini bisa menjadi salah satu media pembelajaran dan menggali kedekatan dengan kota pelajar ini.

“Ini kenangan lama saya karena ini karya mahasiswa saya 10 tahun yang lalu. Saya sudah melapor ke institusi bahwa buku ini bisa dibedah di perpustakaan Yogyakarta. Saya ingin buku ini punya anakan, Bantul itu guru, Sleman itu guru dan lainnya. Jadi diharapkan di Yogyakarta dan kabupaten lain betul-betul banyak belajar,” pungkasnya. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments