Broa Castelar Roti Tradisional Khas Portugal Mirip Timus di Jogja

    156
    0
    Roti Broa Castelar roti tradisional khas Portugal yang bercita rasa seperti Timus di Yogyakarta. (Foto: Kiriman Yan Suryoputri, Belanda)

    BERNASNEWS.COM — Ubi Jalar ada yang menyebutnya tela rambat atau tela pendem oleh orang Jawa. Jenis ketela yang juga mempunyai nama ilmiah Ipomea Batatas dan oleh orang Eropa disebut dengan nama Sweet Potato ini bisa dijadikan sebagai bahan kuliner, serta kue yang lumayan lezat. Hanya cukup direbus atau dibakar pun Ubi Jalar sudah bisa disajikan sebagai santapan yang enak dan mengenyangkan.

    Ada satu kue olahan berbahan dasar ubi ini yaitu Timus. Cara membuat kue Timus cukup mudah, Ubi Jalar dikukus lalu dihaluskan kemudian dicampur bahan lainnya, seperti tepung tapioka, terigu, gula kemudian digoreng. Namun tahukah anda, bahwa Timus yang dulu banyak dijual di lapak-lapak pedagang gorengan itu ternyata sama dan mirip dengan roti tradisional Broa Castelar dari negara Portugal.

    Yan Suryoputri seorang warga Belanda melalui pesan whatsapp (WA) kepada Bernasnews.com menceritakan, putrinya yang pulang liburan dari negara Portugal membawakan oleh-oleh berupa roti khas tradisiona yang disebutnya Broa Castelar. “Bungkus kemasan dan bentuk roti Broa Castelar sangat bagus. Setelah kami icip bersama, ternyata rasa dan tekstur roti tersebut benar-benar sama seperti Timus yang ada di Jogja,” ungkapnya.

    Menurut ibu yang berasal dari Yogyakarta berputra dua ini, bahwa roti Broa Castelar setelah dicermati dari daftar bahan yang tertera dalam bungkusnya, ternyata berbahan Ubi Jalar atau tela rambat dalam bahasa Jawanya, sangat mirip dengan Timus. “Hanya bungkus kemasan Broa Castelar tampak menarik seperti kemasan roti-roti kekinian,” pungkas Yan Suryoputri. (ted)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here