Home Ekonomi BPR Restu Artha Yogyakarta Tetap Tumbuh di Tengah Kondisi Pandemi

BPR Restu Artha Yogyakarta Tetap Tumbuh di Tengah Kondisi Pandemi

166
0
Direktur Utama Budhi Rochmadi (kedua dari kiri) bersama Direktur Operasional Theresia Verawaty (kiri) dan Direktur Bisnis PT BPR Restu Artha Yogyakarta Dhani Krissubhanu foto bersama para pemenang lomba pada puncakacara HUT I PT BPR Restu Artha Yogyakarta di Java Village Resort Sleman, Rabu 5 Mei 2021. Foto : Dok BPR RAY

BERNASNEWS.COM – PT BPR Restu Artha Yogyakarta (RAY) tetap tumbuh positif di tengah kondisi pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari sejumlah indikator, antara lain laba yang diperoleh maupun simpanan pihak ketiga yang tetap tumbuh. Hal ini terjadi karena berbagai program, baik dalam hal pelayanan maupun inovasi produk yang diciptakan.

“Beberapa program yang kami luncurkan dari sisi kredit adalah promo kredit bunga murah 0,8 persen, promo Kredit Sekarang Bayar Nanti dengan pilihan penundaan pembayaran angsuran 3 bulan hingga 6 bulan ke depan,” kata Dhani Krissubhanu, Direktur Bisnis PT BPR Restu Artha Yogyakarta, kepada Bernasnews.com, Kamis 6 Mei 2021.

Menurut Dhani, sapaan Dhani Krissubhanu, performa BPR RAY hingga kuartal pertama akhir bulan Maret 2021 adalah jumlah aset mencapai Rp 60 miliar lebih dengan kredit yang disalurkan sebesar Rp 44 miliar lebih. Sementara laba yang diperoleh hingga Maret 2021 sebesar Rp 623 juta lebih.

Sementara itu, CR (cash ratio) sebesar 28,85 persen, LDR (loan to deposit ratio) 75,76 persen, ROA (return of asset) 4,52 persen dan NPL (non performa loan) sebesar 8,07 persen serta BOPO (biaya operasional dibanding pengeluaran operasional) sebesar 72,88 persen.

Direktur Operasional PT BPR Restu Artha Yogyakarta Theresia Verawaty (kiri) menyerahkan bingkisan kepada karyawan pada puncak acara HUT I PT BPR Restu Artha Yogyakarta di Java Village Resort Sleman, Rabu 5 Mei 2021. Foto : Dok BPR RAY

“BPR RAY masih optimis tumbuh meskipun dengan kondisi yang saat ini masih belum begitu kondusif. Kami tidak membatasi penjualan, tetapi tetap menerapkan prinsip kehati-hatian dan pemberian kredit yang sehat,” kata Dhani.

Dikatakan, dari sisi penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) ada program unggulan yakni Tabungan Bejana dengan penempatan dana minimal Rp 10 juta dengan hold simpanan minimal 1 tahun bisa ambil hadiah di depan suka-suka. Selain itu ada beberapa produk tabungan Arisan dan Deposito.

Sementara beberapa kebijakan terkait dengan pandemi, menurut Dhani, di antaranya melakukan relaksasi penurunan bunga angsuran, perpanjangan jangka waktu kredit dan pemberian masa GP (grace period) atau masa tenggang penundaan pembayaran pokok angsuran.

Dengan kebijakan tersebut, menurut Dhani, nasabah tidak dibebani, sementara BPR RAY tidak dirugikan. “Semua saling mendukung dan memahami kondisi masing-masing karena saling membutuhkan,” kata Dhani.

Direktur Utama PT BPR Restu Artha Yogyakarta Budhi Rochmadi. Foto : Dok BPR RAY

Dengan demikian, PT BPR Restu Artha Yogyakarta yang baru berusia 1 tahun, tetap tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19. Dhani optimistis pertumbuhan akan jauh lebih baik bila pandemi segera berlalu.

Dalam peringatan ulang tahun pertama BPR RAY pada Rabu 5 Mei 2021, diadakan berbagai kegiatan internal seperti menggelar berbagai lomba olahraga dan lomba pembuatan video pendek yang diikuti seluruh karyawan. Penyerahan hadiah lomba dilakukan pada puncak acara ulang yang diakhiri dengan buka puasa besama di Java Village Resort di Pandowoharjo.

Acara dihadiri Direktur Utama Budhi Rochmadi, Direktur Operasional Theresia Verawaty dan ratusan karyawan
PT BPR Restu Artha Yogyakarta. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here