Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBPPTKG Bantah Gunung Merapi Erupsi Besar

BPPTKG Bantah Gunung Merapi Erupsi Besar

bernasnews.com – Pihak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) membantah kabar Gunung Merapi erupsi besar pada Senin (30/5/2022) hari ini. Hal tersebut menyusul setelah beredar sebuah video di media sosial yang mengklaim bahwa ada erupsi besar hari ini.

Sebuah akun Facebook sempat membuat unggahan video Gunung Merapi mengalami erupsi. Namun klaim yang diberikan tersebut justru keliru.

“Gunung merapi baru san saja Ada yg mengkhabarkan erupsi Besar. Innalillahi wa inna ilaihi rojii’uun,” sebut narasi dalam video tersebut.

BPPTKG lantas membantah bahwa hari ini Gunung Merapi mengalami erupsi besar. Menurut keterangan erupsi yang terjadi dalam video itu merupakan erupsi freatik yang terjadi di Gunung Merapi pada Juni 2018.

“Beredar video yang menyatakan bahwa saat ini terjadi erupsi besar di Gunung Merapi. Hal ini tidak benar, hari ini tidak terjadi erupsi seperti yang berada di video,” sebut pihak BPPTKG dalam keterangan.

Terkait beredarnya kabar hoax ini, pihak BPPTKG pun mengimbau agar masyarakat mengakses informasi yang akurat. Informasi terkini seputar Gunung Merapi bisa diakses melalui laman informasi resmi.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, senantiasa menjaga kesiapsiagaan serta mengakses informasi dari sumber yang terpercaya,” pungkas keterangan itu.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments