Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanBOSA-AIS Educational Program Memiliki Sejumlah Keunggulan

BOSA-AIS Educational Program Memiliki Sejumlah Keunggulan

bernasnews.com – Untuk mempercepat lulusan SMA masuk ke perguruan tinggi internasional atau pun perguruan tinggi nasional yang berkualitas internasional, SMA BOPKRI 1 (BOSA) Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Adelaide International School (AIS), Adelaide, Australia menyelenggarakan program BOSA-AIS Educational Program.

Dalam BOSA-AIS Educational Program yang diluncurkan pada tahun ajaran 2020/2021 ini, para siswa/siswi SMA BOPKRI 1 Yogyakarta sekolah di dua tempat, yakni 2 tahun di SMA BOSA dan 6 bulan di AIS dan mendapat 2 ijasah (double degree) yakni dari SMA BOPKRI 1 Yogyakarta dan dari Adelaide International School (AIS), Adelaide, Australia.

Menurut Sartana S.Pak MPd, Kepala Sekolah SMA BOPKRI 1 Yogyakarta yang juga Penanggungjawab BOSA-AIS Educational Program, pada 20 Maret 2022, sejumlah siswa/siswi SMA BOPKRI 1 Yogyakarta peserta BOSA-AIS Educational Program berangkat ke Adelaide, Australia untuk melanjutkan sekolah ke kelas 12 di Adelaide International School (AIS) setelah menyelesaikan kelas 10 dan 11 di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Mereka akan lulus atau menyelesaikan SMA di AIS pada Desember 2022 sehingga total hanya membutuhkan waktu 2,5 tahun untuk menyelesaikan studi di SMA.

Siswa/siswi SMA BOPKRI 1 Yogyakarta peserta BOSA-AIS Educational Program didampingi Guru BOSA-AIS Educational Program Nico Suryadi (kiri). Foto: kiriman Nico Suryadi

Siswa/siswi SMA BOPKRI 1 Yogyakarta peserta BOSA-AIS Educational Program yang berangkat ke Adelaide, Australia pada 20 Maret 2022 tersebut adalah Natanael Krissa Keizsu, Challista Hanni Gissella dan Veronica Jasmine Setya Ayu Handono. Mereka didampingi Guru BOSA-AIS Educational Program Nico Suryadi.

Menurut Sartana, siswa tersebut akan melanjutkan pendidikan Kelas 12 di Adelaide International School, Australia setelah sebelumnya mengikuti kelas 10-11 di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, Indonesia. “Mereka akan menyelesaikan kelas 12 dan lulus pada bulan Desember 2022. Bisa kembali ke Indonesia jika ingin melanjutkan kuliah di Indonesia, bisa langsung melanjutkan di Australia maupun negara lainnya,” kata Sartana.

Dikatakan, ada beberapa keunggulan BOSA-AIS Educational Program yakni menyelesaikan pendidikan SMA dalam waktu 2,5 tahun, mendapatkan 2 ijazah, Indonesia dan Australia, tidak perlu foundation untuk melanjutkan kuliah ke universitas di luar negeri di negara manapun sebab memiliki ijazah Australia dan skor ATAR yang diakui secara internasional. “Peminat program ini cukup tinggi, saat ini sudah ada pendaftar yang mendaftar bahkan untuk tahun 2024,” kata Sartana.

Siswa/siswi SMA BOPKRI 1 Yogyakarta peserta BOSA-AIS Educational Program yang didampingi Guru BOSA-AIS Educational Progrm Nico Suryadi (kedua dari kanan) saat tiba di Adelaide, Australia, 20 Maret 2022. Foto: kiriman Nico Suryadi

Menurut Sartana, kerja sama antar sekolah memberikan peluang yang besar bukan hanya untuk siswa, melainkan juga untuk guru (pelatihan, pengembangan kompetensi guru, kesempatan melanjutkan studi/course bertahap internasional) serta untuk alumni dan akademisi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Australia. Selain itu, layanan pendampingan dan persiapan bagi orangtua/keluarga yang akan mengunjungi peserta didik di Australia serta membuka peluang untuk meningkatkan kerjasama ini ke tahap yang lebih tinggi di masa depan.

Menurut rencana, kata Sartana, pada bulan Juni 2022 ada 7 guru SMA BOPKRI 1 Yogyakarta yang akan berangkat dan mengikuti pelatihan bersertifikat di Australia. Mereka adalah guru yang mengajar di BOSA-AIS Educational Program.

Selain BOSA-AIS Educational Program, SMA BOPKRI 1 Yogyakarta memiliki pilihan program reguler yakni MIPA, IPS dan Bahasa. SMA BOPKRI 1 Yogyakarta juga menyediakan Beasiswa Bibit Unggul yakni beasiswa hingga 1 tahun dan potongan dana pengembangan sekolah hingga 50 persen. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments