Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBondan Nusantara, Maestro Ketoprak Jogja Telah Berpulang

Bondan Nusantara, Maestro Ketoprak Jogja Telah Berpulang

bernasnews.com – Berita mengejutkan yang terkirim melalui whatsapp (WA) dan juga viral di beberapa WA Grup, yang mengabarkan bahwa Bondan Nusantara, budayawan, sutradara dan maestro ketoprak telah berpulang, pada hari Rabu (20/4/2022), Pukul 15:00 WIB.

Menurut sumber, almarhum Bondan Nusantara (69 tahun) tidak mengalami sakit apapun, hanya selagi tidur siang dibangunkan oleh salah satu putranya bernama Koko, tapi nggak bangun lagi.

Dikutip dari Info Budaya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan, sejak lulus dari SMP pada tahun 1970, Bondan Nusantara telah bergabung dengan ketoprak keliling Dahono Mataram. Bakatnya bermain ketoprak mengalir dari sang ibundanya.

Sejak tahun 1980, pria kelahiran Yogyakarta, 6 Oktober 1952 ini, telah menulis naskah ketoprak yang ia pelajari dari Handung Kussudyarsana (alm) seniman dan sutradara ketoprak di Yogyakarta, adik seniman tari Bagong Kussudiardja (alm). Karya Bondan Nusantara banyak dimainkan di panggung dan disiarkan di radio dan televisi, terutama TVRI Yogyakarta.

Penggagas ketoprak gaya baru yang lebih menonjolkan hiburan, dengan konsep pementasan ‘Ketoprak Plesetan’, selain menekuni dunia seni pertunjukkan ketoprak, Bondan Nusantara juga pernah tercatat sebagai wartawan SKH Kedaulatan Rakyat (1980 – 1990). Kemudian bergabung di Harian Bernas (1991-1998) dan ikut membidani lahirnya Tabloid Vokal, tabloid bersegmen politik era reformasi. (Ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments