Home Olahraga BNB #06: Membangkitkan Desa Wisata

BNB #06: Membangkitkan Desa Wisata

161
0
Peserta gowes BNB #6 mengambil start dan finish, Sabtu (18/7/2020), di Desa Wisata Flory, Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, DIY. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Bersepeda Normal Baru (BNB) #06 diselenggarakan oleh BNB Cycling, Sabtu (18/7/2020), mengambil tempat start/ finish di Desa Wisata Kampung Flory, Tridadi, Sleman, DIY. Sebagai tuan rumah (host) BNB #06 adalah Bank BPD DIY. Sebanyak 50 penggowes yang mewakili Bank BPD DIY, ISEI DIY, Kafegama DIY, BI DIY, OJK DIY, KADIN DIY dan instansi lainnya.

Santosa Rohmad, Dirut Bank BPD DIY memberikan sambutan selaku penjelenggara BNB #6, di Kampung Flory, Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, Sabtu (18/7/2020). Foto: Istimewa.

Hadir juga pendiri BNB Cycling yaitu Hilman Tisnawan (BI DIY), Jimmy Parjiman (OJK DIY), Santosa Rohmad (Bank BPD DIY), Bogat AR (Kafegama DIY), dan Y. Sri Susilo (ISEI DIY). Rute yang ditempuh sekitar 15 km yang melewati wilayah pedesaan di sekitar Kampung Flory, Sleman.

“Desa Wisata Kampung Flory, Kabupaten Sleman ini sengaja dipilih untuk BNB #06 untuk membangkitkan kembali desa wisata,” jelas Santosa Rohmad, Dirut Bank BPD DIY, dalam sambutannya.

Seperti diketahui, bahwa seluruh desa wisata di wilayah DIY ditutup sementara karena terdampak Pandemi Covid-19. Menurut Santosa, dengan diselenggarakan acara di desa wisata, mislanya nggowes, rapat, dan acara formal atau informal yang lain maka secara perlahan aktivitas desa wisata akan bangkit kembali. “Kegiatan desa wisata dapat menjadi daya ungkit kegiatan ekonomi di wilayah sekitarnya. Terjadi efek pengganda ekonomi yang signifikan dengan bangkitnya desa wisata,” tegas Santosa Rohmad.

Para peserta BNB #6 berhenti sejenak untuk foto bersama dan menikmati desa wisata di Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, DIY. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, kegiatan BNB #07 Sabtu (25/07/20) mendatang, direncanakan start/ finish di wilayah Pakem, Sleman, DIY. Hilman Tisnawan selaku Kepala Perwakilan BI DIY menyatakan, pihaknya siap menjadi tuan rumah untuk acara BNB #07”.  Agenda BNB Cycling sampai bulan Agustus 2020 akan difokuskan untuk mendorong aktivitas pariwisata di DIY.

“Banyak anggota BNB Cycling mengusulkan agar dijadwalkan di wilayah pantai selatan Bantul,” ungkap Y. Sri Susilo, Koordinator BNB Cycling. Menurut Susilo yang juga berprofesi sebagai dosen, bahwa untuk menampung usulan para anggaota, maka pengurus sedang menyusun agenda nggowes dengan mengambil start/ finish di beberapa kawasan di DIY. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here