Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBlokade Jalan, Warga Desak TPST Piyungan Ditutup Permanen

Blokade Jalan, Warga Desak TPST Piyungan Ditutup Permanen

bernasnews.com – Warga Banyakan Kalurahan Sitimulyo Kapanewon Piyungan Bantul mendesak agar TPST Piyungan ditutup permanen. Desakan warga tersebut dilakukan dengan melakukan aksi blokade jalan masuk ke TPST Piyungan pada Sabtu (7/5/2022).

Tampak batu, bambu hingga spanduk digunakan menutup jalan masuk ke arah TPST Piyungan. Sejumlah warga bahkan turut melakukan orasi menuntut agar permasalahan yang dihadapi di TPST Piyungan segera menemukan titik terang.

Koordinator Aksi, Herwin Arfianto mengatakan, warga kecewaan dengan pengelolaan TPST Piyungan yang tidak kunjung mendapatkan solusi sejak lama. Warga merasa kesal dengan langkah pemerintah yang berencana membuat laha baru untuk mengatasi persoalan, akan tetapi mereka tak pernah mendapat sosialisasi rencana tersebut.

“Kami hanya mendapat janji manis saja. Tidak ada solusi bagi kami,” kata Herwin.

Dalam aksi tersebut, warga menolak transisi pembuangan sampah ke lahan baru disebelah utara TPST Piyungan. Selain itu, mereka juga menolak pembebasan lahan baru lantaran dampaknya akan lebih luas lagi.

Warga sepakat untuk menutup permanen TPST karena sesuai instruksi surat edaran (SE) nomor 188/41512 tanggal 20 Desember 2021 yang telah diketahui kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan DIY Kuncoro Cahyo Aji.

“Surat itu menyatakan jika TPST piyungan kabupaten bantul akan ditutup pada maret 2022. Artinya sejak Maret hingga awal Mei ini, sampah-sampah yang dibuang ke sini itu ilegal,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyebut kondisi tempat penampungan sampah sangat memprihatinkan. Bahkan dampak yang disebut sudah mulai terasa oleh masyarakat dari bau dan gas yang ditimbulkan dari tumpukan sampah, lalu lintas yang macet karena antrean truk muat hingga sumber mata air tercemar sampai dengan lahan tanaman padi kering karena limbah.

“Kami menuntut agar TPST Piyungan ditutup permanen. Kami ingin bertemu Gubernur, karena tidak hanya ingin janji-janji,” tandasnya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments