Home News Bintang Bano di Sumbawa Barat, Bendungan ke-29 yang Diresmikan Presiden Jokowi

Bintang Bano di Sumbawa Barat, Bendungan ke-29 yang Diresmikan Presiden Jokowi

34
0
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Joko Widodo naik perahu usai meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, pada Jumat 14 Januari 2022. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, pada Jumat 14 Januari 2022. Bendungan ini merupakan bendungan ke-29 yang diresmikan Presiden Jokowi sejak tahun 2015.

Bendungan yang diresmikan Presiden Jokowini dibangun sejak tahun 2015 menghabiskan biaya Rp1,44 triliun. Dengan luas genangan 256 hektare, Bendungan Bintang Bano mampu mengairi sawah seluas 6.700 hektar.

Menurut Presiden Jokowi, ketersediaan air merupakan kunci bagi ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan. Hal inilah yang mendasari pembangunan sejumlah bendungan di seluruh Tanah Air.

“Hari ini, saya melepas ikan gabus dan ikut mengayuh perahu di permukaan bendungan baru, Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB,” kata Presiden Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, pada Jumat 14 Januari 2022. Foto: [email protected]

Presiden Jokowi yang dikutip Bernasnews.com di akun instagramnya berharap bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah kering di NTB.

https://www.instagram.com/jokowi/

Sementara Menteri Basuki mengatakan bendungan berdaya tampung 76 juta meter kubik ini dapat menjadi contoh pembangunan bendungan yang tetap menjaga kondisi alam sekitar untuk konservasi. “Harus dipertahankan ini. Selanjutnya peran Pemda untuk memelihara hutan dan alam di sekitarnya,” kata Menteri Basuki.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana dan Menteri Basuki juga melepas ikan gabus dan menaiki perahu di bendungan. “Saya ikut mengayuh perahu saat meresmikan Bendungan Bintang Bano, Sumbawa Barat, NTB hari ini. Ini bendungan ke-29 yang saya resmikan semenjak tahun 2015, dan bendungan ke-6 yang dibangun di Provinsi NTB,” kata Presiden Jokowi.

Pembangunan bendungan di berbagai tempat yang dilkukan pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin selama ini diapresiasi masyarakat. “Cara berpikir dan kinerja Pak De JKW itu untuk puluhan tahun ke depan buat masyarakat petani, petani tambak ikan air tawar, wisata air Bendungan dan lain-lain,” kata Retnowati Kusumawardani di akun instagram @retnowatikusumawardani.

Sementara The Johan di akun instagram @_thejohan menilai Presiden Jokowi merupakan Presiden yang tulus dan jujur membangun Indonesia tanpa pilih kasih.

“Sebagai Anak Indonesia bagian Timur, kami sangat berterima kasih buat Pak De, karena telah peduli, adil, dan memajukan di Timur Indonesia. Sayangnya hanya boleh 2 periode…Sungguh kami bangga kepadamu Pak Presiden Jokowi & kami juga sangat bangga menjadi anak Indonesia…Presiden terbaik dari yang terbaik di Dunia. Yang sangat membanggakan bagi kami adalah ketika seluruh dunia menghormati & menghargai dedikasimu, integritasmu, kejujuranmu, keberanianmu, kesederhanaanmu, kerendah-hatianmu, kepandaianmu, loyalitasmu, luar biasa….Sehat2 selalu Pak De. Tuhan memberkati Bapak Presiden dan keluarga. Amin,” komentar The Johan panjang lebar. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here