Home Pendidikan Binar Mutiara Yahya dan Afghandaru Kawuryan Juara 1 Lomba Bercerita

Binar Mutiara Yahya dan Afghandaru Kawuryan Juara 1 Lomba Bercerita

294
0
Para juara lomba bercerita siswa SD/MI seKota Yogyakarta foto bersama Sekda Pemkot Yogyakarta Ir Aman Yuriadijaya, MM dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardhani, SIP di kantor DPK Yogyakarta, Ngampilan, Rabu, 19 Mei 2021. Foto : kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Binar Mutiara Yahya, siswi SDN Ungaran 1 Yogyakarta dan Afghandaru Kawuryan, siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta berhasil menjadi juara 1 kategori putri dan putra dalam Lomba Bercerita Siswa SD/MI se-Kota Yogyakarta Tahun 2021 di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Ngampilan, Rabu, 19 Mei 2021.

Mereka menerima hadiah trofi dan uang pembinaan Rp 2,5 juta. Bersama empat pemenang lain, juara 2, 3, Harapan 1 dan Harapan 2 mereka menerima hadiah yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Ir Aman Yuriadijaya, MM didampingi Kepala DPK Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardhani SIP.

Pemenang 1 putra dan putri selanjutnya akan dikirim lomba serupa tingkat provinsi untuk meraih kesempatan tingkat nasional.
Binar Mutiara Yahya memilih judul cerita Dewi Candika dan meraih total nilai 2630. Sedangkan Afghandaru Kawuryan memilih judul cerita Goa Kiskendo dan meraih total nilai 2464.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardhani SIP mengemukakan, saat ini banyak siswa yang kurang mengenal, memahami dan memanfaatkan buku bacaan tentang legenda atau cerita rakyat yang sarat akan pesan moral di dalamnya. Ini dapat menumbuhkan karakter, cinta budaya lokal dan rasa nasionalisme siswa.

“Oleh karena itu, kami secara rutin mengadakan kegiatan ini setiap tahun. Tema yang kami angkat tahun ini, Tumbuhkan Budaya Membaca, Budaya Literasi, dan Rasa Nasionalisme dengan Cerita untuk Negeri,” kata dia.

Ketua dewan juri YB Margantoro mengemukakan, kemampuan bercerita secara lisan dan tertulis siswa di Yogyakarta perlu terus diasah dan ditingkatkan. Hal ini dapat membantu menumbuhkan karakter dan bakat literasi mereka. “Kemampuan cara bercerita siswa dengan volume suara, dialog, narasi dan penguasaan panggung akan memberikan daya tarik tinggi. Disusul penguasaan materi, penampilan dan skill,” kata Margantoro yang juga pegiat literasi dan media ini.

Anggota tim juri lain, Dhanu Priyo Prabowo dan Khusnul Khotimah menambahkan, para siswa agar tekun belajar dan mengembangkan diri. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here