Home Pariwisata Bimtek Pariwisata Ramah Lingkungan

Bimtek Pariwisata Ramah Lingkungan

248
0
Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi, MA memberi sambutan dan membuka bimtek. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Museum Sains Taman Pintar Kota Yogyakarta bersama Asosiasi Museum Barahmus DIY menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pariwisata Ramah Lingkungan Berbasis Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustsinability (CHSE)” di Hotel The Alana, Jalan Mayjen Sutoyo Yogyakarta, Selasa-Rabu, 2-3 Desember 2020.

Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi MA yang membuk Bimtek berharap agar di masa pandemi Covid-19 para pengelola museum mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Narasumber foto bersama peserta Bimtek di Hotel The Alana, JalanMayjen Sutoyo Yogyakarta, Selasa (2/12/2020). Foto : Istimewa

Selain itu benda-benda koleksi dan sarana prasarana di musrum agar dijaga dan dirawat sebaik-baiknya dengan membersihkan secara teratur dengan desinfektan dan lain-lain.

Sebelumnya, Kepala Museum Sains Taman Pintar Afia Rosdiana MPd melaporkan, Bimtek diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran, skill dan pelayanan pengelola serta menjadikan destinasi wisata yang ramah lingkungan.

Afia Rosdiana MPd (tengah) saat menyampaikan materi “Taman Pintar Integrated Eco Management”. Foto : Istimewa

Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd mengucapkan terima kasih kepada Kepala Museum Sains Taman Pintar dengan difasilitasi Pemkot Yogyakarta telah memprogramkan Bimtek bagi 60 pengelola Museum se-DIY memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang komprehensif, untuk dapat diterapkan di masing-masing museum, sehingga DIY tetap menjadi daerah tujuan wisata yang ngangeni.

Selama 2 hari peserta mendapat pembekalan tentang pariwisata berkelanjutan, penerapan CHSE, Swakelola Sampah dan Taman Pintar Integrated Eco Management. Kegiataan bimtek diakhiri kunjungan lapangan tentang Pengelolaan Sampah di Taman Pintar, Jalan P Senopati Yogyakarta, Kamis (3/12/2020). (lip)

     

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here