Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBimtek Aplikasi Srikandi Mendukung Percepatan Tatakelola Kearsipan

Bimtek Aplikasi Srikandi Mendukung Percepatan Tatakelola Kearsipan

BERNASNEWS.COM — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyelenggarakan  Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), tanggal 22 – 23 Februari 2022, di RM. Pringsewu, Mulungan, Mlati, Sleman, DIY.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Dra. Sri Wantini, MPd dalam pembukaan acara Bimtek Apkikasi Srikandi ini menyampaikan, bahwa kegiatan Bimtek ini sangat menunjang kegiatan bidang Kearsipan Dinamis dalam penyelenggaraan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

Bimtek Aplikasi Srikandi menghadirkan Narasumber Arsiparis Madya dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Dwi Hening Cipto, SSos. Kegiatan Bimtek Srikandi diikuti oleh seluruh perangkat daerah di Kabupaten Sleman.

Suasana kegiatan Bimtek Aplikasi Srikandi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. (Foto: Istimewa)

Kepala Bidang Pengembangan Sistem dan Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Yuni Prasetyo Budi Ilmawan, SIP, MSc, M Ec Dev mengungkapkan, kegiatan Bimtek Aplikasi Srikandi ini sangat mendukung percepatan tata kelola kearsipan yang baku dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

“Juga mewujudkan kelancaran komunikasi kedinasan secara elektronik antar pencipta Arsip melalui koordinasi, integrasi dan sinkronisasi guna mendukung penyelenggaraan reformasi birokrasi,” papar Yuni Prasetyo, Rabu (23/22/2022).

Sementara Dwi Hening Cipto selaku nara sumber mengatakan, bahwa Keputusan Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 679 Tahun 2020 telah menetapkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) sebagai aplikasi umum bidang Kearsipan Dinamis.

Menurut Dwi Hening, pimpinan pusat dan pemerintah daerah dapat menerapkan Aplikasi Srikandi ini dilingkungan instansi masing masing. Salah satu manfaat Teknologi Informasi dalam pengelolaan arsip adalah menuju paperless society dan menghemat ruangan/sarana prasarana (dari gedung ke server) sekaligus ramah lingkungan.

“Bimtek Aplikasi Srikandi ini selain menjadi sosialisasi kepada pengelola persuratan dan kearsipan juga menjadi sarana pelatihan,” terang Dwi Hening Cipto. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments