Wednesday, August 10, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeBiaya Operasi Slickline dan Electric Line di Industri Perminyakan Perlu Ditekan

Biaya Operasi Slickline dan Electric Line di Industri Perminyakan Perlu Ditekan

BERNASNEWS.COM – Untuk menjaga kelangsungan bisnis di industri perminyakan agar tetap sehat dan berkesinambungan maka perlu dilakukan efisiensi atau penekanan biaya operasi slickline dan electricline. Apalagi saat ini sumur minyak dan gas (migas) sudah tua, sementara alat pengeboran lama slickline dan electricline yang digunakan mulai usang.

Langkah efisiensi dan penekanan biaya operasi slickline dan electricline dilakukan dengan melihat perbandingan antara biaya yang dikeluarkan pada saat operasi sebelumnya dengan biaya yang dikeluarkan untuk operasi saat ini serta forecast yang akan datang.

“Dengan analisa perbandingan dari biaya operasi yang dikeluarkan cukup signifikan tentunya juga dapat dibandingkan dengan harga minyak dan gas baik sebelum maupun setelah 2018, dimana terlihat profit perusahaan yang dapat ditingkatkan dengan melakukan penekanan biaya operasi,” kata Rendi Harun Putra, Alumni Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII dalam jumpa pers secara daring, Rabu 15 Desember 2021.

Hal itu diungkapkan Rendi terkait hasil penelitiannya yang berjudul Bussiness Process Re-Enginering dari Operasi Slickline dan Electric Line dalam Upaya Penekanan Biaya. Penelitian itu dilakukan setelah melihat perkembangan dunia industri perminyakan saat ini sangat signifikan baik pada sisi kebutuhan konsumsi maupun pada bidang teknologi seiring juga dengan biaya yang dikeluarkan.

Rendi Harun Putra, Alumni Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII (kanan) bersama Ir Winda Nur Cahyo ST MT PhD IPM selaku dosen pembimbing dan Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII dalam jumpa pers secara daring, Rabu 15 Desember 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Rendi Harun Putra yang didampingi Dosen Pembimbing Ir Winda Nur Cahyo ST MT PhD IPM yang juga Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII, mengatakan, penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan cara menekan biaya operasional dari kontrak yang sedang berjalan.

Menurut Rendi, saat ini sumur minyak dan gas sudah tua, sementara alat pengeboran lama (Slickline dan Electric Lini) yang digunakan mulai usang. Sedangkn frekwensi pengoperasian Slickline dan Electric Line sangat tinggi sehingga ongkos produksi yang ditanggung perusahaan menjadi lebih tinggi. Ia memberi contoh total pengeluaran untuk operasi kedua alat tersebut di perusahaan tempat ia bekerja saat ini mencapai 46,19 juta dolar US per 3 tahun.

Karena itu, melalui penelitian yang dilakukan Rendi berupaya menemukan cara untuk menekan pengeluaran biaya operasional pada Slickline dan Electric Line.

Dikatakan, penelitian ini menggunakan metode implementasi Value Stream Mapping untuk analisa langkah kerja operasi slickline dan electric line, antara lain menyusun Product Family atau langkah kerja operasi, Current State Map dari kedua operasi dan Design Future State Map dari proposal operasi Wireline serta proses teori 5S sebagai kelengkapannya.

Langkah penekanan biaya, menurut Rendi, di antaranya melakukan penyusunan Value Stream Mapping (VSM) dari operasi Slickline dan Electric Line. Langkah pertama, melakukan pengelompokan Product Family atau langkah kerja operasi Slickline dan Electric Line. Kedua, melakukan pengelompokan Current State Map dari operasi Slickline dan Electric Line. Ketiga, melakukan Design Future State Map operasi Wire Line.
 
“Setelah melakukan ketiga hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa waste yang potensial untuk diambil langkah lean management sehingga penekanan biaya pada operasi Slickline dan Electric Line dapat dilakukan,” kata Rendi.

Menurut Rendi, langkah iniberdasarkan analisa Rig Up dan Rig Down PCE (Pressure Control Equipment) baik untuk operasi Slickline maupun Electric Line berpotensi untuk dikurangi. Kemudian mengurangi jumlah pekerja yang terlibat serta beberapa pengulangan proses operasi Slickline dan Electric Line juga berpotensi dapat dikurangi alur langkah kerjanya pada saat intervensi pekerjaan dilakukan. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments