Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeBerkunjung ke Umbangtirta, Kolam Renang Heritage Kota Yogyakarta

Berkunjung ke Umbangtirta, Kolam Renang Heritage Kota Yogyakarta

bernasnews.com — Satu hari menjelang bulan Ramadan bagi masyarakat Jawa mempunyai tradisi padusan untuk memulai melaksanakan ibadah puasa. Padusan dari kata adus yang artinya mandi yang bermakna bersuci.

Ritual padusan ini biasa dilakukan di sungai, laut, telaga, atau di kolam renang yang ada di wilayah tempat tinggalnya. Jadi tidak mengherankan apabila pada sehari jelang Ramadan banyak diserbu oleh masyarakat.

Di sini kita tidak membahas soal padusan namun sebuah kolam renang yang sangat dikenal dan mungkin bisa dikatakan bagian heritage Kota Yogyakarta yaitu Kolam Renang Umbangtirta. Kolam renang ini berada satu kompleks dengan Stadion Kridosono yang merupakan stadion tertua di Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

Kepala Divisi Pengembangan Usaha PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Zamzani, S.AP (Tengah) bersama jajarannya saat menerima Divisi Bisnis bernasnews Nuning Harginingsih (Kanan Nomor 2), di pinggiran Kolam Renang Umbangtirta. (Tedy Kartyadi/ bernasnews.com)

Ukuran kolam renang milik PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta ini adalah 33 x 16 meter, dengan kedalaman kolam satu meter hingga tiga meter yang merupakan kolam utama untuk dewasa, dan di sisi timur kolam renang dewasa terdapat dua kolam renang untuk anak-anak.

“Kolam renang Umbangtirt dan Sporthall Kridosono merupakan bagian yang dikelola oleh Divisi Pengembangan Usaha PDAM Tirtamarta,” terang Kepala Divisi Pengembangan Usaha PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta Zamzani S.AP saat menerima bernasnews.com, beberapa waktu lalu.

Meskipun kolam renang berplat merah, kata Zamzani, kolam renang Umbangtirta dikelola secara profesional dan tidak kalah dibanding kolam renang yang dimiliki oleh hotel berbintang. “Kebersihan dan sirkulasi air kolam kita jaga. Kolam kita bersihkan dengan cara dikuras dan digantikan air yang baru,” jelasnya.

Suasana Kolam Renang Umbangtirta, Kota Yogyakarta, Rabu (9/3/2022). Foto: Tedy Kartyadi/ bernasnews.com.

Kunjungan bernasnews.com ke kolam renang Umbangtirta dalam rangka mempererat silaturahmi dengan PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta, khususnya Divisi Pengembangan Usaha. Juga dihadiri oleh Manajer Unit Usaha, Hatmanto Laksana, SE, Manajer Optimalisasi Asset Budi Istiyuantin, SE dan Supervisor Kolam Renang dan GOR Hadi Sumono.

Divisi Pengembangan Usaha PERUMDA PDAM Tirtamarta Yogyakarta selain mengelola kolam renang, sporthall (GOR), juga memproduksi air minum kemasan. “Umbangtirta buka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu. Hari Senin libur untuk giat pembersihan,” terang Hadi Sumono.

Sementara, lanjut Hadi, pada hari Jumat hanya diperuntukkan pengunjung wanita. Sebelum pandemi Covid-19 pengunjung Umbangtirta per bulan bisa mencapai 7.000 – 8.000 orang. Dan kini setelah buka kembali rata-rata masih berkisar 50 persen dari sebelum pandemi.

“Kondisi air setiap hari tetap jernih, guna menjaga keselamatan pengunjung juga terpasang beberapa kamera CCTV dan pengawasan langsung. Jelang awal Ramadan besok bertepatan hari Jumat kami buka secara umum berlaku untuk Wanita dan Pria,” imbuhnya. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments