Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBerkomunikasi dengan Benar dan Baik

Berkomunikasi dengan Benar dan Baik

bernasnews.com – Komunikasi menjadi bagian tidak terpisahkan dan penting bagi kehidupan. Setiap orang butuh berkomunikasi dengan sesama untuk menyampaikan pesan. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan benar dan baik agar tidak terjadi miskomunikasi.

“Sebagai bagian dari kepengurusan Dewan Paroki Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Komunikasi Sosial atau Komsos harus mampu membantu karya penggembalaan paroki. Sarana pewartaan iman kepada umat dan masyarakat terutama dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan media lain,” kata Ketua Komsos Paroki Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus, Sedayu, Bantul, DIY Kusprihantoro kepada bernasnews.com di Yogyakarta, Sabtu (23/4/2022).  

Dia mengatakan hal itu sehubungan dengan akan dilaksakannya Workshop Literasi Menulis Asik, Mudah dan Menyenangkan bersama Pemimpin Redaksi bernasnews.com Y.B. Margantoro, dengan moderator Tim Komsos Paroki Sedayu Andy Hermawan, di SMA Pangudi Luhur  Sedayu, Bantul, DIY, Minggu (24/4/2022) pukul 10.00-12.00 WIB.

“Dari program workshop literasi Komsos  Paroki Sedayu ini diharapkan tumbuh minat menulis umat setempat, meningkatkan semangat dan kualitas karya tim komsos, serta menumbuhkan rohani umat yang dijiwai dengan semangat manusiawi dan Kristiani,” kata Kusprihantoro.

Tim Komsos Paroki Sedayu foto bersama Uskup Keuskupan Agung Semarang (KAS) Mgr. Robertus Rubiyatmoko. (Foto : Dokumentasi Komsos Paroki Sedayu)

Pelayanan bidang pewartaan

Bicara tentang komsos dalam lingkup  Gereja, Tim Komsos Paroki Sedayu Andy Hermawan menambahkan, didirikan oleh Paus Pius XII pada tahun 1948 Dewan Kepausan untuk Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan Kuria Romawi. Dewan ini memiliki tugas utama yaitu mendorong dan mendukung tindakan Gereja dan anggota-anggotanya dalam bentuk komunikasi sosial secara tepat waktu dan tepat guna. Dengan pemberian yurisdiksi yang lebih luas dari para Paus penerusnya, dewan ini bertanggungjawab dalam penggunaan berbagai bentuk media massa dalam penginjilan.

“Guna merespon hal yang telah dicetuskan oleh Paus Pius ini, Gereja Katolik Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus, Sedayu juga merintis berdirinya komsos sebagai bentuk pelayanan di bidang pewartaan Gereja. Bagi Paroki Sedayu, komsos memiliki tugas pokok untuk membantu penggembalaan paroki dengan memanfaatkan berbagai teknologi komunikasi dan media lain yang berkembang, sebagai sarana pelayanan di bidang pewartaan iman kepada umat dan masyarakat,” kata dia.

Kusprihantoro dan Andy mengatakan, tim pelayanan komsos mengalami banyak perkembangan seiring bertambahnya jumlah umat di Paroki Sedayu. Hal ini mendorong tim pelayanan komsos untuk mendorong dan mendukung tindakan Gereja guna menghadirkan bentuk-bentuk komsos secara tepat waktu dan tepat guna.

Saat ini tim pelayanan komsos memiliki unit-unit kerja berupa unit podcast, unit liputan, unit literasi, unit DGEV (Design Graphic & Editing Video), unit media sosial (instagram, facebook, youtube), unit live streaming, unit majalah/buku, unit dokumentasi (photography & video shooting), dan unit perkap (pengadaan, instalasi, perawatan dan pengarsipan peralatan).

“Unit-unit ini merupakan bentuk respon terhadap kebutuhan umat dalam merawat kehidupan rohani pribadi. Unit live streaming, adalah bentuk respon kebutuhan umat untuk berekaristi bersama pada masa pandemi. Meski tidak dapat mengikuti ekaristi di gereja karena merebaknya virus Covid-19, umat dapat mengikuti ekaristi bersama dengan keluarga di rumah masing-masing melalui live streaming.

Unit podcast menghadirkan obrolan-obrolan menarik dengan tema dan narasumber yang inspiratif juga menjadi bagian dalam mendukung kebudayaan sekuler, serta kemajuan umat.  Majalah rohani Cahaya Kasih Theresia terbit setiap enam bulan sekali, berisi dokumentasi kegiatan serta tulisan-tulisan yang berisi pengetahuan untuk merawat kehidupan religiusitas dalam diri umat,” kata Andy. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments