Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBerikut 3 Ketentuan Pelaksanaan Halal Bihalal 2022 Menurut SE Walikota Yogyakarta

Berikut 3 Ketentuan Pelaksanaan Halal Bihalal 2022 Menurut SE Walikota Yogyakarta

bernasnews.com – Dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan Halal Bihalal dalam perayaan Idul Fitri Tahun 1443 H/ 2022, diperlukan Pedoman Pelaksanaan Halal Bihalal pada perayaan Idul Fitri Tahun 1443 H/ 2022 di Kota Yogyakarta yang memenuhi pelaksanaan protokol kesehatan.

Untuk itu Walikota Yogyakarta perlu mengeluarkan Surat Edaran, Nomor: 003/ 1986, Tentang Pedoman Pelaksanaan Halal Bihalal pada Perayaan Idul Fitri 1443 H/ 2022 di Kota Yogyakarta, yang ditandatangani oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, pada tanggal 28 April 2022. Berikut 3 pedoman atau ketentuan tersebut;

1.Umat Islam dan masyarakat pada umumnya, kecuali bagi yang sakit atau atas alasan syar’i lainnya yang dapat dibenarkan, dapat melaksanakan kegiatan Halal Bihalal menyesuaikan ketentuan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berlaku;  dan wajib mematuhi pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 75persen dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan.

2. Untuk kegiatan Halal Bihalal dengan jumlah lebih dari 100 orang, makanan/ minuman isediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang dan tidak diperbolehkan ada makanan/ minuman yang disajikan di tempat (prasmanan). Hindari penyelenggaraan makan bersama, yang berakibat rawan penularan Covid-19.

3. Panitia atau penyelenggara kegiatan Halal Bihalal yang dimaksud pada angka 2, wajib terdapat petugas yang memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan mengumumkan kepada seluruh seluruh hadirin, seperti melakukan desinfeksi secara teratur, menyediakan sarana cuci tangan di pintu masuk acara, menggunakan masker, dan setiap hadirin wajib menjaga jarak.

Surat Edaran (SE) Walikota Yogyakarta, tentang Pedoman Pelaksanaan Halal Bihalal pada Perayaan Idul Fitri 1443 H/ 2022 di Kota Yogyakarta ini juga beredar secara viral di beberapa grup-grup whatsapp komunitas pengurus kampung dan media sosial lainnya. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments