Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBerhasil dalam Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Aman, Bupati Sleman Jadi Narasumber...

Berhasil dalam Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Aman, Bupati Sleman Jadi Narasumber KSAN 2022

bernasnews.com — Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) menyelenggarakan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) Tahun 2022, Rabu (25/5/2022), Swissotel Jakarta PIK, Jakarta Utara.

Kegiatan ini mengundang sejumlah pejabat daerah, salah satunya Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menjadi narasumber, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas capaian dan keberhasilan masing – masing wilayah dalam penyediaan air  minum dan sanitasi aman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memberikan pemaparan terkait kolaborasi Pemerintah Kabupaten Sleman bersama dengan pemangku kepentingan, baik tingkat daerah maupun nasional dalam pembangunan dan peningkatan layanan air minum dan sanitasi.

“Pemkab Sleman selalu proaktif untuk mengikuti program-program terkait dengan pembangunan dan peningkatan layanan air minum dan sanitasi,” kata dia.

Lanjut Kustini, program yang terkait misalnya Program Hibah Australia-Indonesia untuk Pembangunan Infrastruktur Sanitasi (sAIIG), Program Hibah Air Limbah Setempat, Program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (HAMBK), dan lain sebagainya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (Kiri) bersama dengan nara sumber lainnya saat membacakan Deklarasi Komitmen untuk Mencapai Target SDGs Air Minum dan Sanitasi Aman, dalam acara Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) Tahun 2022, Rabu (25/5/2022). Foto: Istimewa.

Bersamaan dengan KSAN 2022, terang Kustini, juga diserahkan penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Awards tahun 2022. Dalam kegiatan tersebut, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ngudi Mulyo Sleman berhasil mendapatkan penghargaan AMPL Awards dengan kategori Komunitas Masyarakat Pengelola Sanitasi.

Tidak hanya itu, penghargaan AMPL Awards juga diberikan kepada Bank Sleman kategori khusus pembiayaan sanitasi dan air minum. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PPN sekaligus Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.

Atas penghagraan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dengan pemkab dalam upaya penyediaan air minum dan sanitasi di Kabupaten Sleman.

“Selamat kepada penerima penghargaan. Apresiasi yang setinggi – tingginya saya sampaikan kepada komunitas dan masyarakat yang mengambil peran, sehingga di Sleman tercapai 100 persen akses air minum dan akan melanjutkan kekurangan 2 persen program sanitasi. Pemkab Sleman berkomitmen untuk mendukung program penyediaan air minum dan sanitasi yang sehat dan aman,” ujar Kustini. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments