Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBeredarnya SE Bupati Sleman tentang Gerakan Pilah Sampah, Bank Sampah Pelita Jati...

Beredarnya SE Bupati Sleman tentang Gerakan Pilah Sampah, Bank Sampah Pelita Jati Semakin Semangat

bernasnews.com — Setelah libur lebih dari sebulan selama bulan Ramadhan 2022, Bank Sampah Pelita Jati, Komplek  Perum Jatimas, Jatisawit, Balecatur, Gamping, Kabupaten Sleman kembali operasional menerima dan melakukan penimbangan sampah dari nasabah, Minggu (22/5/2022).

“Segenap pengurus bertambah semangat setelah menerima Surat Edaran Bupati Sleman nomor: 030 tahun 2022 tentang Gerakan Pilah Sampah dari Rumah,” terang Ketua Bank Sampah Pelita Jati Elyn Suharmawati, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, tambah semangat dalam mengelola sampah dari warga yang tadinya barang tidak terpakai dibuang begitu saja, kini diolah untuk menjadi barang yang ada nilai ekonomisnya. “Karena masih terbatas  pengetahuan dan lahan serta sumber daya manusianya, maka Bank Sampah Pelita Jati baru bisa menjadi penyalur untuk penerimaan barang bekas,” ungkap dia.

Suasana kegiatan Bank Sampah Pelita Jati, Minggu (22/5/2022), di Komplek  Perum Jatimas, Jatisawit, Balecatur, Gamping, Kabupaten Sleman. (Nuning Harginigsih/ bernasnews.com)

Dikatakan, untuk mengolah sampah menjadi komoditi yang bernilai lebih belum bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan. Misal, seperti membuat kerajinan atau membuat karya yang lain dengan bahan baku dari sampah.

Meskipun demikian, bank sampah yang memiliki motto ‘Bersih Bersama, Sampah Menjadi Berkah’ ini masih tetap eksis menapaki usianya yang ketiga tahun. Beranggota 60 orang yang terdiri dari pengurus dan nasabah (anggota) di wilayah seputaran Komplek Perum Jatimas, Jatisawit.

“Masih banyak warga yang belum paham pentingnya mengolah sampah, bahkan meremehkan keberadaan bank sampah. Namun dengan memberikan contoh, berharap kedepan semakin banyak warga yang sadar tentang pengelolaan sampah agar menjadi berkah untuk membantu menaikkan ekonomi keluarga,” pungkas Elyn. (Nuning)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments