Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsViral di Medsos, Video Latihan Tempur Kota Yonif Mekanis 403/WP

Viral di Medsos, Video Latihan Tempur Kota Yonif Mekanis 403/WP

Bernasnews.com – Beredar viral video suasana latihan tempur kota (Latpurta) yang digelar Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 403/WP, Sabtu (5/3/2022) pagi, di seputran Kalurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Video amatir atau karya dari warga setempat yang menyaksikan latihan itu beredar di grup-grup whatsapp (WA), ada beberapa versi video yang beredar berdasar dari sudut penggambilan gambar lantaran Latpura sendiri dilakukan secara terpencar.

Meskipun demikian ada juga komentar yang merasa takut apabila terjadi perang sesungguhnya seperti kejadiannya di Ukraina. “Semoga hanya latihan dan latihan terus untuk menjaga kewaspadaan tentara kita. Negara RI tetap damai-damai saja,” ungkap Nuning, yang juga mantan Menwa saat kuliah dulu.

Suasana latihan tempur kota (Latpurta) yang digelar oleh Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 403/WP, Sabtu (5/3/2022) pagi, di seputran Kalurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. (Foto: Tangkapan Layar)

“Kebetulan latihan perang berlokasi di timur stadion Mandalakrida. Saya nggak dengan suara-suara tembakan itu, saya pun cuma lihat dari video dan foto yang beredar di grup WA,” terang Itok, warga Semaki saat dikonfirmasi bernasnews.com.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, bahwa Latpurta dilakukan berdasarkan perintah lisan Pangdam IV/Diponegoro tanggal 28 Desember 2021 tentang perintah untuk melaksanakan Latpurta secara serentak di seluruh Batalyon Infanteri Jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Latpurta yang melibatkan 250 personil dan 20 penyelenggara itu merupakan bagian dari Latpurkota secara serentak Yonif di seluruh jajaran Kodam IV/Diponegoro. Kasrem 072/Pamungkas Mayor CZI Agus Sriyanta mengatakan, dalam skenario latihan, wartawan tidak diperkenankan untuk meliput. Sementara kegiatan latihan pun terpencar sehingga kesulitan untuk mengikutinya. (lip/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments