Home Pendidikan Berbagai Kegiatan Peringatan Milad Seabad TK ABA Kauman

Berbagai Kegiatan Peringatan Milad Seabad TK ABA Kauman

930
0
Pemotongan tumpeng nasi kuning sebagai simbol peringatan Milad 100 tahun TK ABA Kauman, Yogyakarta (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal atau lebih dikenal dengan TK ABA, pada tanggal 21 Agustus 2019 tepat memasuki usia yang ke 100 tahun. Sekolah TK yang terletak di Kampung Kauman, Yogyakarta ini didirikan oleh Nyai Ahmad Dahlan (Siti Walidah) awalnya dengan nama Froebel Kindergaten Aisyiyah.

Ketua Milad 100 tahun TK ABA Iswandari, Kamis (22/08/2019), kepada Bernasnews melalui pesan elektronik, mengatakan, dalam memasuki milad (ulang tahun) yang seabad ini TK ABA Kauman bisa merayakan dan mensyukuri dengan berbagai macam kegiatan yang positif.

“Alhamdulillah TK ABA Kauman memasuki milad ke 100 tahun, kami sangat senang dan bahagia. Dan alhmadulillah kami bisa merayakan dan mensyukuri dengan berbagai kegiatan positif, sehingga ke depan TK ABA di Seluruh Indonesia semakin maju dan terus jaya untuk mencerdaskan anak bangsa,” kata Iswandari.

Guru Pendidikan Agama Islam dan Kesiswaan, Dewi Widiyastuti, S.Pd.I, menambahkan, bahwa Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustaanul Athfal (TK ABA) Kauman Yogyakarta merupakan TK tertua di Indonesia yang berdiri sejak tanggal 21 Agustus 1919. Banyak lulusan yang menjadi tokoh masyarakat maupun sebagai tokoh-tokoh penting negara.

“Banyak lulusan TK ABA Kauman yang menjadi tokoh di Indonesia, artinya lulusannya banyak yang berpendidikan tinggu dan berdayaguna untuk bangsa dan Negara. Tepat sekali kalau seabad milad TK ABA sudah bisa disebut dengan Berkhitmat untuk Negeri. Dan di seluruh daerah Indonesia kini telah bertumbuhan TK ABA,” terang Dewi.

Lebih lanjut, Dewi Widiastuti menjelaskan rangkaian acara yang digelar dalam rangka Milat 100 tahun TK ABA yang telah dilaksanakan sejak bulan April 2019, diantaranya, Tanggal 4-5 April 2019, Gerakkan Hand Printing/ Cap Tangan Anak pada kain panjang diikuti oleh seluruh murid. Tanggal, 22 April 2019 Unjuk Kemampuan Memakai Seragam  TK ABA Nasional Hijau Kuning. Lomba Pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif) Untuk Orangtua/Wali Murid.

Berikutnya, tanggal 16 Mei 2019 Festival Anak Sholeh, Unjuk Kemampuan Adzan untuk Laki-Laki, Pildacil dan Hafalan Surat-Surat Pendek yang diikuti TK se Kota Yogyakarta. Tanggal 17 Mei 2019 Lomba Bercerita dengan Alat Peraga untuk Guru PAUD se Kota Yogyakarta.

Sementara itu, kegiatan pada bulan Agustus, tanggal 14 Agustus 2019 penyembelihan hewan kurban 4 kambing dalam rangka peringatan Idul Adha 1440 H, tanggal15 Agustus 2019 Perayaan Hari Raya Qurban, diisi dengan Dongeng Anak dan Pembuatan Tumpeng seluruh kelompok A1, A2, A3, B1, B2, B3 dan Kelompok Bermaian dan diikuti oleh seluruh wali murid dengan memakai pincuk (wadah) daun pisang,  guna menanamkan cinta bumi sejak anak usia dini dengan mengurangi limbah plastik.

Dan pada hari Jumat, 16 Agustus 2019 menyambut HUT ke 74 RI,  pawai berpakain nuansa merah putih dan mendengarkan cerita tentang Kemerdekaan RI. Lantas tanggal 21 Agustus 2019 Mengadakan Upacara Milad 100 Tahun TK ABA, mengikuti pawai mobil hias yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta.

“Puncak acara milad digelar acara jalan sehat yang diikuti oleh seluruh keluarga besar TK ABA Kauman dan warga sekitar, tasyakuran Milad 100 tahun TK ABA Kauman dan Temu Alumni TK ABA Kauman, serta perencanaan pembuatan film dokumenter dan buku sejrah TK ABA Kauman dari masa ke masa dan pembuatan museum mini/ memorabilia TK ABA,”pungkasnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here