Home News Bendungan Randugunting Diresmikan, Presiden Jokowi: Layak jadi Tujuan Wisata

Bendungan Randugunting Diresmikan, Presiden Jokowi: Layak jadi Tujuan Wisata

35
0
Dengan menumpang perahu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu 5 Januari 2022. Foto: tangkapan layar video di [email protected]

BERNASNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikaan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu 5 Januari 2022. Bendungan yang dibangun sejak tahun 2018 dengan luas genangan 187,19 hektare ini layak menjadi tujuan wisata.

Saat meresmikan bendungan tersebut, Presiden Jokowi pun sempat menikmati waduknya dengan menumpang perahu naga. Selain bisa menjadi sumber air bagi kurang lebih 650 hektare sawah yang ada di sekitar kabupaten Blora, Pati, dan Rembang, Bendungan Randugunting juga berfungsi mengurangi banjir, untuk konservasi dan layak menjadi tujuan wisata.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu 5 Januari 2022, dengan menumpang perahu. Foto: tangkapan layar video di [email protected]

Saya bisa menikmati waduknya dengan menumpang perahu naga. Bendungan Randugunting bisa menjadi sumber air bagi kurang lebih 650 hektare sawah yang ada di sekitar kabupaten Blora, Pati dan Rembang, berfungsi mengurangi banjir, untuk konservasi, dan layak menjadi tujuan wisata,” kata Presiden Jokowi di akun instagramnya.

https://www.instagram.com/jokowi/

Presiden Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan ini dimulai tahun 2018 dan selesai awal 2022 atau lebih cepat 10 bulan dari akhir kontrak yang jatuh pada November 2022. Keberadaan Bendungan Randugunting diharapkan dapat menambah suplai air bagi daerah kering di Kabupaten Blora dan Rembang.

Sementara menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Bendungan Randugunting memiliki kapasitas volume tampungan air sebesar 14,4 juta m3 untuk mengairi kurang lebih 650 hektare sawah yang berada di Blora, Pati dan Rembang. Selain itu, bendungan ini juga akan berfungsi untuk mereduksi banjir sebesar 75 persen atau sebesar 81 m3/detik dengan pengurangan luas areal terdampak banjir dari 4.604 hektare menjadi 2.285 hektare.

“Kita berharap dengan selesainya waduk Randugunting di Kabupaten Blora ini ketahanan pangan kita akan semakin baik, kemandirian pangan kita akan semakin baik. Karena kunci dari ketahanan pangan adalah air dan air akan ada kalau kita memiliki waduk sebanyak-banyaknya,” kata Presiden Jokowi dikutip Bernasnews.com di akun instagramnya.

Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Rabu 5 Januari 2022, bisa menjadi tujuan wisata. Foto: tangkapan layar vieo di [email protected]

Pada hari yang sama Presiden Jokowi juga meresmikan Pasar Johar di Kota Semarang, Jawa Tengah yang sudah direvitalisasi. Pasar ini tampil lebih bersih, lebih rapi, modern dan tertata, dan tetap sebagai bangunan cagar budaya.

“Hari ini, saya merasa gembira dapat melihat langsung dan meresmikan Pasar Johar di Kota Semarang, Jawa Tengah yang sudah direvitalisasi. Pasar ini tampil lebih bersih, lebih rapi, modern dan tertata, dan tetap sebagai bangunan cagar budaya,” kata Presiden Jokowi.

Pasar Johar terdiri atas Pasar Johar Utara, Pasar Johar Tengah, Pasar Johar Selatan dan Pasar Kanjengan. “Saya berharap, Pasar Johar yang telah bagus dan rapi ini akan terus menjadi pasar yang ramai dan mengembalikan kejayaannya di masa lalu, sekaligus sebagai landmark kota Semarang. Mereka yang terdampak pandemi, tapi tidak kehilangan semangat, tetap bekerja keras seraya mematuhi protokol kesehatan,” kata Presiden Jokowi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here