Home News Bendungan Randugunting Blora Selesai Lebih Cepat dari Target

Bendungan Randugunting Blora Selesai Lebih Cepat dari Target

79
0
Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah selesai akhir Desember 2021 ini. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Pembangunan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah selesai akhir Desember 2021 ini. Saat ini progres konstruksi Bendungan Randugunting telah mencapai 98 persen dengan sisa pekerjaan penyelesaian fasilitas pendukung.

Dengan demikian, pembangunan Bendungan Randugunting rampung lebih cepat 11 bulan dari jadwal semula yakni November 2022. Sebab, dalam perjanjian masa kontrak pembangunan bendungan ini berlangsung hingga November 2022.

“Bendungan Randugunting diharapkan akan mampu mendukung penyediaan air baku di Kabupaten Pati, Rembang dan Blora serta berpotensi untuk pengembangan pariwisata dan agrowisata di Kabupaten Blora,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip Bernasnews.com di akun Instagram @kemenpupr.

Dikatakan, dengan total kapasitas tampungan sebesar 14,42 juta m3, bendungan multifungsi ini juga akan bermanfaat sebagai konservasi penampungan air hujan sehingga tidak sia-sia terbuang ke laut dan dapat mengisi cadangan air tanah di Blora yang sering mengalami kekeringan.

Sebelumnya pada Selasa 28 Desember 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa 28 Desember 2021, Foto: [email protected]

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa jika ingin kemandirian dan kedaulatan pangan tercapai, maka waduk dan air merupakan kunci. Oleh sebab itu kita bangun waduk di seluruh provinsi di Tanah Air.

Dikatakan, Bendungan Pidekso yang berkapasitas 25 juta m3 akan mengairi 1.500 hektar lahan pertanian di Kabupaten Wonogiri dan akan memenuhi kebutuhan air baku warga Wonogiri dengan kapasitas 300 liter/detik.

Pembangunan Bendungan Pidekso yang selesai lebih cepat dari target semula akhir tahun 2022 ini, juga akan mereduksi debit banjir sekitar 11 persen dan memiliki potensi sebagai destinasi wisata baru. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here