Home News Bendungan Jemur Indah, Destinasi Wisata Alam Kekinian Kebumen

Bendungan Jemur Indah, Destinasi Wisata Alam Kekinian Kebumen

867
0
Rombongan keluarga dari Yogyakarta dan Surabaya mencoba berwisata, Minggu (31/1/2021), ke Jemur Indah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Menyoal keberadaan distinasi wisata alam, baik yang bersifat alami maupun kekinian Kabupaten Kebumen tidak kalah dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa Tengah. Salah satu bentuk wisata alam yang kekinian adalah destinasi wisata Jemur Indah, berlokasi di Desa Jemur, Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Jawa Tengah.

“Jemur Indah merupakan spot area bendungan sungai Lukulo, dahulunya lebih dikenal dengan sebutan Kedung Samak. Baru sekitar 2 bulan disulap oleh pemerintah desa setempat menjadi destinasi wisata kekinian,” jelas Kasie Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen, Septian Indra T, SI.Kom, kepada Bernasnews.com saat ditemui di venue, Minggu (31/1/2021).

Lanskap destinasi wisata Jemur Indah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Dikatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan pembinaan SDM dan pembentukan kelopok sadar wisata (pokdarwis) kepada Pemerintah Desa Jemur sebagai pengelola tempat tersebut. “Dari Dinas berharap supaya Jemur Indah bisa menjadi tempat atau tujuan wisata yang baru. Juga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes),” ucap Septian.

Gazebo dan salah satu spot foto bertajuk Cinta yang ada di obwis Jemur Indah, Kabupaten Kebumen, Minggu (31/1/2021). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

Menuju lokasi destinasi wisata Jemur Indah cukup mudah, berkisar 4 kilometer utara Kota Kebumen. Sementara untuk masuk ke obyek wisata ini belum dikenakan biaya tiket masuk kecuali parkir kendaraan yang dikelola oleh pemuda desa setempat.

Pemandangan berupa bendungan bersap-sap atau berundak berlatar belakang perbukitan hijau, dengan udara yang sejuk dan terdapat gazebo untuk istirahat, serta beberapa spot foto yang menarik. Juga fasilitas umum telah tersedian antara lain, toilet dan warung-warung kuliner. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here