Home Pendidikan Belajar Memanusiakan Orang di SD Negeri Timuran Yogyakarta

Belajar Memanusiakan Orang di SD Negeri Timuran Yogyakarta

270
0
Kepala SD N Timuran Yogyakarta Murwani Rini Giastuti S.Pd, para guru, mahasiswa magang PGSD FKIP UST dan narasumber diklat literasi Menulis Itu Gampang YB Margantoro foto bersama setelah diklat di SD N Timuran Yogyakarta, Kamis (7/10/2021). Foto : Kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Masa pandemi Covid-19 saat ini menjadi tantangan sekaligus peluang untuk terus belajar dan berkarya bagi segenap insan di bumi ini. Tidak terkecuali para guru di Sekolah Dasar Negeri (SD N) Timuran Yogyakarta dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online selama ini.

Aneka masalah yang timbul, bukan hanya dihadapi pendidik, namun juga peserta didik, orangtua dan warga masyarakat. Namun ketika itu semua dijalani dengan penuh tanggung jawab dan sukacita, hal yang mengemuka adalah saling belajar memanusiakan orang.

“Menyambut bulan bahasa di Oktober 2021, kita para guru di SD N Timuran Yogyakarta mencoba merefleksikan karya setiap hari sebagai pendidik dalam bentuk buku. Karena kita masih pembelajar dengan segala keterbatasan kemampuan dalam menulis maka perlu pembimbingan. Yang penting, kita berusaha dan memulai. Saya mengajak bapak ibu guru untuk bersemangat dalam menghasilkan karya bersama di bidang literasi ini,” kata Kepala SD N Timuran Yogyakarta Murwani Rini Giastuti SPd pada acara diklat literasi bertajuk Menulis Itu Gampang dengan narasumber Pegiat Literasi YB Margantoro di ruang guru sekolah setempat, Jalan Prawirotaman, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta, Kamis (7/10/2021).

Suasana visitasi perpustakaan sekolah dari Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta di Perpustakaan Jendela Ilmu SD Negeri Timuran Yogyakarta, Kamis (7/10/2021). Foto : YB Margantoro

Pada kesempatan tersebut, setelah memaparkan kiat menulis mudah untuk media dan buku, narasumber memberi kesempatan peserta diklat guru dan mahasiswa magang dari Prodi PGSD FKIP UST Yogyakarta untuk menulis singkat secara langsung tentang pengalaman menarik mengajar dan magang.

Murwani Rini Giastuti menulis, setiap orang memiliki keunikan sendiri. Masing-masing tidak dapat digantikan oleh siapa pun. Oleh karena itu, dalam pelayanannya tentu akan berbeda. Pelayanan yang tepat akan membuat orang itu bahagia, bahkan dapat membangkitkan rasa percaya diri. Mereka yang terpuruk, merasa tersingkir dapat bangkit karena pelayanan baik yang diterima dari orang lain.

“Betapa bahagianya jika kita dapat melihat orang lain merasa berharga. Belajar memanusiakan orang adalah hal yang sangat mulia. Dari hal yang positif kalau dihargai dan dikembangkan maka akan terjadi perubahan pada dirinya,” demikian Rini Giastuti.

Guru kelas 1 A Zakiyah Astri Sabtika mengemukakan, untuk menjadi guru kelas dan wali kelas 1 menjadikan tantangan tersendiri baginya. Karena dalam kondisi pandemi Covid-19 ini dia dituntut untuk selalu aktif dan kreatif dalam mengajar dan mendidik seorang murid sekaligus selalu sabar dalam menuntun anak untuk menjadi lebih giat dalam belajar.

“Tak luput dari segala bantuan orangtua yang selalu mendampingi anak dalam belajar di rumah, menjadi gurupun siap menjadi tempat siswa menggantungkan harapannya,” kata dia.

Mahasiswi magang PGSD FKIP UST Yogyakarta Hesti Yulia Putri memperoleh pengalaman mengajar melalui google meet dengan siswa kelas IVB. Menurut dia, para siswa kelas IVB  sangat aktif dalam proses belajar.    “Magang III atau PLP di SD N Timuran bersama lima orang teman saya : Hadi, Fendi, Wisnu, Lukman dan Aprin sungguh berharga bagi kami karena mendapat ilmu dan bimbingan yang diberikan oleh bapak ibu guru di sini. Waktu dua bulan melakukan kegiatan PLP sangat singkat bagiku, karena aku menjalaninya dengan senang hati,” kata dia.

Visitasi perpustakaan sekolah

Pada hari yang sama, Kamis (7/10/2021) pagi bertepatan dengan Hari Jadi Kota Yogyakarta, Perpustakaan Sekolah Jendela Ilmu SD N Timuran Yogyakarta memperoleh visitasi tim pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta. Mereka adalah Triyanta SPd MIP (koordinator), Budi Isti Wijayanti S.IP, Nurlia Rahmawati A.Md dan Ali Mukti Asnawi A.Md. Tamu diterima Kepala Perpustakaan Sekolah Zulikhatun Nusroh SPd dan tim.

“Tim pustakawan DPK Kota Yogyakarta melakukan visitasi secara langsung setelah perpustakaan sekolah kami memperoleh Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI beberapa waktu yang lalu. Tim memberikan arahan dan masukan bagi pengembangan dan pelayanan kami kepada warga sekolah. Kami siap melakukan hal itu sesuai dengan kemampuan secara bertahap,” kata Zulikhatun yang juga guru kelas IVB ini. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here