Wednesday, June 29, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeBelajar Demokrasi Lewat Pemilihan Ketua OSIS

Belajar Demokrasi Lewat Pemilihan Ketua OSIS

BERNASNEWS.COM – MTsN 6 Kulon Progo menggelar pesta demokrasi berupa Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) yang diikuti seluruh guru, karyawan dan siswa di Laboratorium IPA MTsN 6 Kulon Progo, Rabu (11/9/2019). Pemilihan OSIS ini sebagai salah satu cara untuk belajar atau melatih hidup berdemokrasi dan mengenalkan tata cara memilih pemimpin.

Dalam pemilihan itu, ada 5 kandidat calon Ketua OSIS yang dipilih yaitu Ari Rahmawati, Ananda Vanessa, Farhan Ardiansyah, Bagas Novanda dan Dimas Bagus Saputra.

Wakamad Urusan Kesiswaan MTsn 6 Kulon Progo Drs Sutanto mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih sikap menghormati orang lain dan tenggang rasa atas segala perbedaan terhadap sesama teman, melatih, mendidik dan memberikan pemahaman dasar kepada siswa tentang organisasi.

Salah seorang guru memasukan kartu suara ke dalam kotak suara dalam Pemilos MTsN 6 Kulon Progo, Rabu (11/9/2019). Foto : Sutanto

Ketua Pemilos Hafna Nashifatul Azkiya`mengungkapkan, Pemilos diawali dengan sosialisasi tatacara pemilihan dan syarat sahnya suara di masing masing kelas. Secara bergilirian petugas melakukan pemanggilan urut mulai dari kelas 7, 8 dan 9. Sedangkan guru dan karyawan menyesuaikan dengan jam mengajar agar tidak mengganggu proses pembelajaran.

“Setelah berada di ruang tunggu pemilih akan dipanggil, mengisi daftar hadir, menerima surat suara, menuju bilik suara melakukan pencoblosan, bersalaman dengan para kanditat, memasukkan surat suara dan diberi tanda tinta di jarinya,” kata Hafna.

Dua pegawai menunjukkan kartu suara usai Pemilos MTsN 6 Kulon Progo. Foto : Sutanto

Setelah proses pencoblosan, usai jamaah Dhuhur dilakukan penghitungan suara disaksikan seluruh civitas akademika Madenaku (Madrasah Tsanawiyah Enam Kulon Progo). Bagas Nopanda terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru dengan meraup 183 suara, Ananda Vanessa meraup 89 suara, Ari Rahmawati meraup 69 suara, Farhan Ardiansyah meraup 28 suara dan Dimas Bagus meraup 25 suara.

Ketua OSIS terpilih Bagas Nopanda (kiri) bergambar bersama Ketua lama Hafna. Foto : Sutanto

Kepala MTsN 6 Kulon Progo Imam Syamroni SPd memberikan apresiasi kepada pengurus OSIS periode 2018/2019 selaku panitia yang telah sukses menggelar helatan tahunan tersebut. Terlebih peranserta seluruh komponen madrasah dalam Pemilos juga sangat luarbiasa. “Tak kalah pentingnya dalam kegiatan ini diberikan pendidikan karakter untuk menerima kekalahan apabila tidak terpilih. Pemilih juga melakukan jabat tangan dengan kandidat. Ini sesuatu yang bagus dilakukan,” kata Imam Syamroni. (Drs Sutanto, Wakamad Urusan Kesiswaan MTsN 6 Kulon Progo)


Ketua OSIS terpilih Bagas Nopanda bergambar bersama Ketua lama Hafna.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments