Home Opini Belajar Daring Tetap Sukses dengan 5T

Belajar Daring Tetap Sukses dengan 5T

193
0
Nunik Dwiastuti SPd, Guru PPKn SMK Negeri 5 Yogyakarta

BERNASNEWS.CO – Pandemi Covid-19 belum usai. Banyak cara yang dilakukandalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini, satu d iantaranya adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada.

Dalam dunia pendidikan salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini adalah dengan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ). Pembelajaran jarak jauh dilakukan secara daring (dalam jaringan ).Awal pembelajaran daring ini diberlakukan tidak mudah bagi guru dan peserta didik untuk menyesuaikan karena selama ini Guru dan peserta didik sudah terbiasa bertatap muka dalam proses pembelajaran.

Banyak permasalahan yang muncul ketika pembelajaran daring tersebut dilaksanakan, diantaranya adalah Rendahnya keikutsertaan peserta didik dalam mengikuti KBM tepat waktu, tugas tugas yang tidak  diserahkan tepat waktu, bahkan tugas tugas yang tidak dikerjakan karena kendala tertentu, maupun materi yang kurang bisa dipahami dengan baik oleh peserta didik.

Apapun permasalahan yang dihadapi, namun pembelajaran daring tetap harus dilaksanakan dalam masa Pandemi ini, sehingga diperlukan upaya bersama baik dari guru, peserta didik  maupun orangtua agar pembelajaran daring berjalan baik.

Ada 5T yang harus diperhatikan agar kita bisa semangat dan sukses dalam belajar daring. Pertama adalah Tepat waktu. Biasakan untuk mengikuti pembelajaran daring tepat waktu sesuai jadwal, karena jika terlambat akan ketinggalan materi, dan pada jam berikutnya sudah berganti mata pelajaran lain, sehingga kurang bisa memahami secara utuh materi pelajaran sebelumya.

Dalam hal ini peran orangtua sangat besar untuk selalu mengingatkan anaknya agar mengikuti pembelajaran daring tepat waktu.Peserta didik juga harus mengerjakan  tugas-tugasnya dengan penuh tanggungjawab dan menyerahkan tugas tersebut tepat waktu.

Kadang-kadang karena belajar daring maka banyak peserta didik yang menunda dalam mengerjakan tugas sehingga tugasnya menumpuk dan akhirnya kesulitan sendiri. Dalam hal ini kebiasaan tepat waktu sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan baik tepat waktu dalam mengikuti KBM maupun tepat waktu dalam mengumpulkan tugas agar anak bisa memiliki kebiasaan disiplin dalam segala hal.

Kedua, Tenang, karena belajar dari rumah maka bisa saja ada hal-hal yang mengganggu ketenangan belajar, mungkin anggota keluarga lain yang sedang menonton televisi, ibu yang sedang memasak, adik yang sedang bermain,. Tetapi  apapun kondisinya usahakan tetap tenang sehingga konsentrasi belajar bisa terpusat dalam mengikuti KBM tersebut.

Di sini diperlukan peran dari semua anggota keluarga yang ada di rumah agar bisa menciptakan suasana belajar yang tenang bagi anak- anak ketika mereka sedang belajar daring.

Ketiga adalah Terampil, karena pembelajaran daring ini membutuhkan berbagai peralatan seperti Handphone, laptop, dan internet, maka harus terampil dalam mengoperasikan alat-alat tersebut, sehingga bisa mengikuti pembelajaran dengan lancar, serta bisa mengirim tugas dengan benar menggunakan media tersebut.

Media pembelajaran daring apapun yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran dapat diikuti oleh peserta didik dengan baik, ketika peserta didik terampil dalam menggunakannya.Tetapi harus selalu diingat bahwa media pembelajaran tersebut harus digunakan sebagaimana mestinya untuk mendukung lancarnya proses belajar mengajar, dan tidak boleh disalahgunakan.

Keempat adalah Teliti, memperhatikan dan membaca materi  ajar atau perintah yang diberikan oleh guru harus dengan teliti, jangan sampai hanya sekilas saja, sehingga menjadi tidak paham.Setiap informasi yang disampaikan oleh guru melalui media apapun baik berupa materi atau pengumuman harus dibaca dengan teliti agar peserta didik mampu memahami informasi tersebut dengan baik dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.

Kelima adalah Tekun, materi yang hanya dibaca sekali biasanya cepat lupa, materi itu akan bisa dipahami jika dipelajari secara berulang ulang dengan tekun.sehingga  bisa paham betul dan mampu mengerjakan setiap soal yang diberikan dengan tepat dan benar.

Kemauan dan semangat anak untuk belajar harus tetap selalu kita dorong sekalipun dalam situasi Pandemi seperti sekarang ini  yang penuh dengan keterbatasan. Dengan 5T  (Tepat waktu, Tenang, Terampil, Teliti dan Tekun) maka permasalahan- permasalahan yang dihadapi dalam belajar daring diatas dapat di atasi dengan baik, dan sekalipun kita harus belajar daring, tetapi kita tetap mampu mempelajari materi dengan baik, dan sukses dalam belajar.

Selain dapat mengatasi permasalahan dalam belajar daring, jika 5T ini sudah menjadi kebiasaan hidup maka seorang anak akan terbiasa melakukan segala sesuatu dengan Tepat waktu, Tenang, Terampil, Teliti dan Tekun sehingga segala yang dikerjakannya dapat berhasil dengan baik. Selamat menjalankan 5T, salam sukses dan sehat selalu. (Nunik Dwiastuti SPd, Guru PPKn SMK Negeri 5 Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here