Home Pendidikan Belajar Bahasa Inggris secara Online di YEC Yogyakarta

Belajar Bahasa Inggris secara Online di YEC Yogyakarta

130
0
Suasana belajar bahasa Inggris di Yureka Edukasi Cipta (YEC) Yogyakarta. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih membuat semua aktivitas atau kegiatan semakin mudah dan cepat, termasuk kegiatan belajar mengajar. Dan pandemi Covid-19 ini membuat aktivitas lebih banyak dilakukan secara daring atau online.

Hal itu pula yang dilakukan Yureka Edukasi Cipta (YEC). Lembaga ini merupakan pengembangan dari Eureka Tour, jasa tour spesialis kampung Inggris yang telah membantu puluhan ribu pelajar dari seluruh Indonesia untuk belajar secara tatap muka di Kampung Inggris Pare, Kediri sejak tahun 2010.

Samantha Luhukay, Public Relations Officer PT Yureka Edukasi Cipta (yec.co.id Yogyakarta), saat berkunjung ke Kantor Redaksi Bernasnews.com di Jalan Pembela Tanah Air (Peta) Nomor 7 Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Jumat (27/11/2020), mengatakan, YEC berdiri di Yogyakarta pada Maret 2018 untuk menghadirkan pengalaman belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien ala kampung Inggris secara online.

Pada tahap awal, fokus YEC adalah bahasa Inggris untuk kebutuhan khusus (English for Specific Purpose) dimulai dengan kelas bahasa Inggris dasar khusus karyawan. Berdasarkan data kampung Inggris, ada banyak karyawan yang ingin mengulang belajar bahasa Inggris dari dasar atau meningkatkan kemampuan mereka namun terkendala jarak dan waktu.

Belajar bahasa Inggris secara onlline di Yureka Edukasi Cipta (YEC) Yogyakarta. Foto : Istimewa

Oleh karena itu YEC menghadirkan kelas bahasa Inggris dasar karyawan. Berlanjut dengan kelas bahasa Inggris dasar programmer. Ada banyak programmer Indonesia yang mahir namun memiliki kendala komunikasi bahasa Inggris dengan klien luar negeri sehingga membatasi potensi mereka.

Dalam pembelajaran berbasis aplikasi website dengan sistem progres, siswa harus menyelesaikan materi dan latihan dengan skor tertentu untuk bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Aplikasi website bisa diakses dari browser laptop, komputer maupun handphone.

Menurut Samantha Luhukay, YEC Yogyakarta yang bergerak di bidang pendidikan, sangat peduli dengan pengembangan sosial masyarakat. Sebelumnya, YEC telah mengadakan beberapa propgram CSR dengan beberapa organisasi, salah satunya pada pertengahan tahun 2020 ini telah mengadakan 1.000 Kelas Bahasa Inggris Gratis.

Kelas tersebut bekerjasama dengan GP Ansor. Kelas Bahasa Inggris gratis diperuntukan bagi yang terdampak pandemi COVID-19. YEC dan GP Ansor berusaha memberikan manfaat bagi masyarakat. Program disambut antusias sehingga YEC harus meningkatkan kuota hingga 1.300 penerima yang terbagi ke 26 kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 50 siswa yang dipandu oleh 1 orang tutor. Program berlangsung selama 2 minggu dan memperoleh review positif dari peserta.

Di akhir tahun ini, YEC juga akan mengadakan program CSR lainnya bersama dengan teman-teman disabilitas di Indonesia. Kelas ini akan dibuka mulai 3 Desember 2020, dengan mengundang komunitas disabilitas lokal di Yogyakarta dan sekitarnya.

Program ini sangat antusias dijalankan oleh YEC dengan penanggung jawab kegiatan Ibu Endrati Jati Siwi. YEC memulai dengan menghimpun feedback dari pegiat komunitas difabel. “Kegiatan ini tidak cukup hanya dengan memberikan penerjemah bahasa isyarat di video pembelajaran, harus ada modifikasi ke sistem agar lebih ramah bagi tunanetra, tunarungu dan tunawicara,” tutur Samantha.  

Kegiatan di akhir tahun 2020 ini menjadi semangat baru bagi YEC dan seluruh partisipan yang telah menjadi bagian dalam acara di sepanjang tahun. “Ke depan, pihak manajemen Yureka Edukasi Cipta (YEC) menunggu partisipasi teman-teman dari semua kalangan untuk dapat berkolaborasi bersama menciptakan ruang belajar bahasa Inggris online yang menyenangkan dan tentu saja dapat dilakukan di mana saja,” katanya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here